Lestarikan Seni Dan Budaya Bali Dengan Megending Bali

Lomba Karaoke Pop Bali

Karangasem, balipuspanews.com -Melestarikan seni dan budaya bali tidak hanya dengan tarian dan tulisan. Banyak cara untuk melestarikannya salah satunya dengan cara megending lagu Bali. Seperti yang terlihat diwantilan Kantor Camat Selat, sebanyak 70 orang peserta dari tingkat SD sampai Dewasa antusias mengikuti lomba Karaoke lagu pop Bali, Sabtu (12/8).

“Acara dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, selain itu acara ini juga diharaokan mampu menciptakan bibit penyanyi lagu pop bali. Disamping itu juga untuk menpererat hubungan antar warga di Kecamatan Selat,” ujar ketua panitia yang juga salah satu artis lokal Selat Yoga Acala.

Dalam lomba karaoke lagu pop Bali tersebut, ada beberapa kategori yang harus di ikuti peserta yaitu kategori ditingkat pelajar SD dan SMP mewajibkan peserta menyanyikan lagu Merah Putih beserta satu lagu Bali anak-anak, sementara untuk kategori SMA dan umum peserta diwajibkan menyanyikan lagu Bungan Sandat dan satu lagu pop Bali bebas.

Menurut salah satu peserta kategori umum, I Nyoman Putra 30 tahun asal Dusun Geriana Kangin, Duda, Selat, Karangasem, dirinya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam lomba tersebut.

“Urusan juara itu belakangan yang penting bisa ikut memeriahkan acara perayaan HUT RI ke-72,” ujarnya.

Pria yang sehari-hari sebagai pedagang tersebut cukup lihai menyanyikan lagu yang berjudul Baper yang dipopulerkan oleh Ari Kencana salah satu artis bali dengan suara khas asal Desa Muncan, Karangasem.

Sementara dari salah satu peserta SD yaitu I Gede Putra Waisnawa 8 tahun dalam kesempatan tersebut ia menyaikan lagu Curik-curik. Bocah kelas dua SD tersebut mengaku sudah melakukan persiapan sejak seminggu lalu. Bukan hanya itu, Gede sendiri sudah sering mengikuti berbagai lomba menyanyi bahkan sempat beberapa kali memperoleh juara.

Ada yang berbeda ketika salah satu peserta wakil SMA (Slua) Saraswati Selat Ni Wayan Puspita Dewi maju kepanggung, bak artis, hampir seluruh penonton riuh memberikan tepuk tangan. Benar saja penampilan Puspita sangat memukau, dengan suara yang memiliki karakter mampu membuat penonton hanyut dalam lantunan melodi yang dinyanyikannya.

Dara 17 tahun yang akrab di sapa wiwik tersebut mengaku tidak pernah belajar secara khusus untuk tehnik bernyanyi. Kemampuannya tersebut diperolehnya secara otodidat.

“Belajar sendiri dirumah, ya karena hoby juga mendengarkan lagu-lagu terutama lagu Bali,” ungkapnya.

Adapun kriteria yang menjadi acuan juri untuk memberikan penilaian kepada peserta antara lain, Vokalnya, musikalitasnya, gerak penguasaan panggung dan  penampilan secara menyeluruh.

“Ini khusus untuk Juara 1 katagori SD selain mendapat piala dan uang, nantinya pada tanggal 23 Agustus akan diberikan kesempatan manggung di panggung perayaan HUT RI di Amlapura,” ungkap Yoga Acala.

Tinggalkan Komentar...