Lomba Perahu Layar Agenda Rutin Mempromosikan Nusa Penida

Lomba Jukung serangkain menyambut HUT RI ke 72 di Nusa Penida
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura, balipuspanews.com- Begitu antusiasnya warga membludak menyaksisakan agenda terakhir perayaan Hut RI ke 72 di kecamatan Nusa Penida. Lomba perahu layar penutup sejumlah kegiatan yang diselenggarakan memeriahkan sekaligus menghibur masyarakat.

Seperti biasa lomba ini sangat dinantikan warga, hal ini sejak pagi warga berduyun-duyun berdatangan.

Diketahui lomba ini sangat bergantung pada angin, perkiraan sebelumnya lomba dilepas sekitar pkl. 11.00 wita lebih awal dari perkiraan. Angin kencang sangat mendukung peserta sumringah menyambutnya. Peserta merupakan nelayan daerah pesisir yakni Desa Kutampi Kalaer, Batununggul dan Suana.

Hal ini disampaikan Panitia I Putu Suartawan, Rabu (16/8) mengatakan peserta yang berpartisipasi sebelumnya dilakukan seleksi terlebih dahulu. Sebanyak 12 peserta yang notabane merupakan pemain lama dan berpengalaman sehingga lomba ini sangat kompetitif. Disamping itu, peserta merupakan juara lomba perahu layar sudah malah melintang dilomba perahu layar.

“ Perkiraan kita lomba dilepas pkl.11.00 wita tapi dukungan angin sangat baik permintaan peserta segara dimulai, “ kata Sudarta. Start dan finish dimulai di pantai Pura Dalem Batununggul peserta balik di daerah Banjar Suana, Desa Suana menempuh jarak totalnya 17 kilometer.

Sudarta menambahkan angin dan keahlian para peserta , kondisi layar dan perahu sangat menjadi factor.

“ Hadiah sangatlah kecil, namun bukan itu yang menjadi persoalan tapi semangat dan rasa nasionalis yang kami junjung “ terangnya I Ketut Rai Peserta dari Desa Suana.
Sementara Camat Nusa Penida I Gusti Angung Gede Putra Mahajaya saat menyampaikan semangat peserta patut diapresiasi. Bukan mencari juara yang terpenting semangat, seportivitas dan memeriahkan yang utama.

Sementara lomba meniatur perahu layar dilangsung kemarin di pantai Kutampi, Desa Kutampi Kaler. Kedua lomba tersebut sudah menjadi ikon Nusa Penida disetiap event besar di Nusa Penida termasuk saat festival. Angin segar bagi keberadaan pariwisata yang sedang berkembang di Nusa Penida. Potensi bahari yang luar biasa dapat sebagai ajang promosi memperkenal secara keseluruhan Nusa Penida.Roni

Tinggalkan Komentar...