Mangkrak Bertahun-Tahun, Dermaga Cruise Tanah Ampo di Sempurnakan Kembali

Gambar penyempurnaan Dermaga Cruise Tanah Ampo

Karangasem, balipuspanews.com -Sempat mangkrak sejak lima tahun silam pembangunan Dermaga Cruise Tanah Ampo yang menelan biaya hingga Rp.86 Miliar kini kembali disempurnakan.

“Akan dibangun Break water sepanjangnya 150 meter dan akan berisi 5 jeti untuk 5 kapal atau fas boat,” kata Sujana Erawan Kepala Bapeda Kabupaten Karangasem, Selasa (22/8).

Diakui Sujana bahwa pada tahun ini baru akan dibangun break water nya saja sepanjang 100 meter dengan pagu dana Rp. 52 miliar. Setelah dilakukan tender, pemenang tender menawar menjadi Rp. 49,44 miliar. Kontraktor sendiri rencananya minggu depan sudah mulai bekerja. Sesuai dengan sosialisasi kemarin akhir, di tahun 2018 pelabuhan sudah bisa dipakai.

Sementara pembangunan selanjutnya berupa tambahan break water sebanyak 50 meter, lima buah jety lengkap dengan selasar akan dilaksanakan th 2018 sehingga nantinya para tamu tidak kehujanan dan kepanasan saat datang ke Tanah Ampo.

Untuk diketahui, Dermaga Crusier Tanah Ampo sendiri pembangunannya dimulai tahun 2007 sampai tahun 2009 dengan biaya oleh pusat sebesar Rp 69 miliar. Kemudian di tahun 2009 sampai 2012, Pemprov Bali menggelontor dana Rp 17 miliar untuk sarana gedung dan fasititas lainnya.

Tidak sampi ditu, menurut informasi yang dihimpun, meskipun pembangunannya kini disempurnakan, namun keberadaan Dermaga Cruise Tanah Ampo masih banyak menimbulkan polemik seperti permasalahan lahan milik warga yang digunakan sebagai jalan melingkar dan keberadaan Pasar Seni Manggis yang hingga kini seperti yang dilihat keadaannya sangat memperihatinkan.

Tinggalkan Komentar...