Jumat, April 19, 2024
BerandaBulelengMurah Meriah, Lezatnya Rawon Pulung Ikan Laut Penggak Kau Bulu

Murah Meriah, Lezatnya Rawon Pulung Ikan Laut Penggak Kau Bulu

Singaraja, balipuspanews.com – Ingin menikmati rawon pulung ikan laut sekaligus es durian cendol segar? Nah, cicipi saja di kedai mungil ini.

Kedai mungil ini namanya cukup unik, yakni Penggak Kau Bulu (PKB).

Ukuran kedainya tidaklah luas, hanya beberapa tempat duduk saja. Namun, jangan salah karena tempat makan yang berlokasi di Jalan Pulau Komodo 23, Lingkungan Banyuning Utara, Singaraja ini cukup ramai konsumen.

Mencicipi rawon pulung ikan laut, sedapnya tiada tara. Ketika pesanan hidangan dihadirkan,dan kuahnya diaduk langsung tercium harum paduan aneka rempah.

Rasa kuahnya hangat dan ikan lautnya pun gurih. Dalam sajian kuah rawon, jejak paduan rasa ikan laut begitu kental di lidah, dan pengunjung bakalan makin tak tahan kala mencium aroma daun seledri dan bawang yang menggugah selera.

Rupanya, sang empu Penggak Kau Bulu menggunakan daging dari jenis ikan khusus yakni, ikan Barakuda sehingga isian pulung ikan menjadi empuk. Sebagai pelengkap hidangan rawon pulung ikan laut, anda bisa memesan nasi atau ketupat. Nasi dan ketupat itu pun bertabur bawang goreng terasa sangat sedap disuap dengan rawon. Lebih lengkap, jika ditambah sambal yang berasa pedas, namun agak manis.

BACA :  Karangasem Berstatus UHC, Ada Warga Berobat BPJSnya Dikatakan Tidak Aktif

Nah, selesai menyantap kelezatan hidangan berat rawon pulung ikan Barakuda, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi minuman es durian cendol andalan Penggak Kau Bulu sebagai minuman penutup santap siang anda.

Varian cendolnya ada Original Cendol yang bisa diberi tambahan topping durian. Anda tak usah ragu, lantaran minuman es cendol ini disajikan dengan bahan alami, dan tentunya tanpa pewarna apalagi bahan pengawet.

Aneka Kuliner di Penggak Kau Bulu

Es cendol ini memang dibuat khusus dari bahan tepung beras, tepung kanji dan air kapur sirih. Penambah aroma dan rasa alami, sang empu Penggak Kau Bulu menambahkan campuran tanaman daun suji dengan gula alami yakni, gula aren.

Menurut Gusti Putu Dewi Kurniawati jenis hidangan makanan di kedai Penggak Kau Bulu beragam, namun dominan berbahan dasar ikan laut seperti cumi-cumi dan ikan barakuda juga tengiri. Beragam menu yang ditawarkan itu pun berasal dari komoditi ikan segar.

“Seperti ikan tengiri, barakuda dan cumi-cumi diolah sedemikian rupa dengan rempah-rempah nusantara. Bumbunya, pakai base genep (bumbu lengkap). Semua bahan melalui proses pematangan, ada yang direbus agar tidak alot,” kata Dewi.

BACA :  Jawab Keluhan Warga Soal Kerusakan Jalan, Pihak Kontraktor Segera Lakukan Perbaikan

Selepas makan berat, kami juga menawarkan beberapa minuman berbahan dasar durian sebagai dessert. Olahan pure durian ini dipadukan dengan cendol.

“Pecinta buah durian pasti suka menu ini. Daging durian lembut manis dan disajikan dalam keadaan dingin. Teksturnya creamy dengan citarasa legit,” jelasnya.

Kemudian, untuk cendol dibuat dari tepung yang diberi daun suji. Ketika dicoba, teksturnya mirip seperti jeli yang diserut panjang-panjang.

“Biar lebih praktis, bisa langsung meluncur mulus ke dalam mulut,” ungkapnya sambil tersenyum.

Sedangkan untuk pemesananya pun cukup mudah, pengunjung bisa datang langsung atau melakukan pemesanan melalui telepon, lantaran pihak pengelola juga melayani order secara delivery.

Kedai Penggak Kau Bulu

Kedai ini ternyata menyediakan beraneka menu makanan, seperti terlihat di rujukan menu. Ada serapah kenus dan juga serapah vegetarian. Lalu, untuk penggemar minuman rasa durian, pihak pengelola juga menyiapkan durian yang diolah dan dikemas dalam bentuk minuman seperti, es durian cendol, es durian caramel dan juga es cendol.

Terakhir, Penggak Kau Bulu juga menawarkan beraneka rujak, seperti kedondong, jambu air, nanas, kedongdong. Namun jenis rujak paling laris dan diburu saat ini, yakni rujak gedebong.

BACA :  Dukcapil Buleleng Layani 500-an Masyarakat Saat Libur Lebaran

Nah, agar tak penasaran coba saja mampir ke PKB. Puaskan selera anda dengan aneka hidangan makanan dan minuman murah meriah di Penggak Kau Bulu.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular