Kamis, April 18, 2024
BerandaKarangasem"Pelukatan" Jaga satru Penetralisir Ilmu Hitam di Pekarangan Rumah

“Pelukatan” Jaga satru Penetralisir Ilmu Hitam di Pekarangan Rumah

Karangasem, balipuspanews.com – Satu lagi mutiara terpendam yang dimiliki Kabupaten Karangasem sebagai penopang tagline “Karangasem the Spirit of Bali,” yakni Pelukatan Jaga Satru yang berada di area lembah Dukuh, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

” Mata air suci ini atau dikenal dengan sebutan pelukatan Jaga Satru belum banyak yang mengetahuinya,” kata Perbekel Desa Ababi, I Wayan Siki, Selasa (6/6).

Ia mengatakan sampai saat ini sejarah tentang keberadaan dari mata air suci tersebut masih menjadi misteri.

Namun rumor dimasyarakat meyakini bahwa mata air tersebut dahulu ditemukan oleh pengelingsir Arya Poponge.

” Diyakini pelukatan jaga satru memiliki berbagai khasiat seperti, mampu menyembuhkan segala macam penyakit, membersihkan pekarangan rumah dan membasmi segala bentuk pasangan jimat ilmu hitam,” jelasnya.

Dirinya juga menceritakan, menurut beberapa orang spiritual dari luar Karangasem yang pernah datang kesini, mereka mengaku mengetahui keberadaan pelukatan jaga satru dari wahyu yang diterimanya saat melakukan meditasi.

Dikatakan, jika dilihat secara “gaib”, dahulu ada empat mata air suci yang masing-masing berada dari utara hingga selatan di areal tersebut, yang berada paling utara disebut Pesucian Sura Nadi, kemudian Pesucian Leging dan Pesucian Jaga Satru berada dibawahnya.
Paling selatan disebut Pesucian Kaliasem. Namun saat ini yang terlihat hanya satu saja yaitu pesucian Jaga Satru.

BACA :  Putu Edit, Pembuat Jam Kayu di Desa Medewi, Jembrana

Masing-masing potensi alam yang ada di Kabupaten Karangasem memiliki keunikannya tersendiri, tentunya dukungan dari pemerintah dengan tidak mengurangi nilai kesuciannya akan sangat membantu dalam pengelolaannya kedepan, dengan dikelolanya secara benar menjadi wisata tirta, selain beryadnya juga untuk memajukan perekonomian masyarakat yang ada disekitar.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular