Pelukis Tanda Tangan asal Ubud Raih MURI

MURI

Gianyar, balipuspanews.com -Pameran Tunggal pelukis tanda tangan ABOETD, I kadek Rudiantara kelahiran Banjar Batanancak Desa Mas, Kecamatan Ubud tahun 18 September 1979 merupakan Pelukis pertama yang mengkreasikan tanda tangan menjadi Lukisan yang telah diberikan rekor oleh Museum Rekor Indonesia ( MURI).

Pemberian Penghargaan MURI tersebut akan diserahkan langsung oleh Direktur MURI pada pembukaan Pameran Tunggal Lukisan Tanda Tangan pada hari Rabu Pon 16 Agustus 2017 pukul 1600 di Rurung Diwang Dangin Banjar Batanancak Desa Mas Kecamatan Ubud Gianyar Bali. Diwang Dangin menjadi pilihan kegiatan karena memiliki makna filosofis dimana Diwang berarti Ruang dan Dangin bermakna awalnya kreatifias.

Menurut penuturan tetua di Banjar Batanancak sejak perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dari Bangsa Belanda dan penjajah Jepang Rurung Diwang Dangin ini merupakan tempat berkumpulnya para Vateran Pejuang dan para pemuda Batanancak dalam rangka ikut berkorban untuk sebuah kemerdekaan Bangsa.

Selanjutnya Lingga Tangan berasal dari Kata Lingga diartikan sebagai coretan yang berkarakter atau ciri khan dan tangan sendiri adalah alat untuk berkarya. Jadi dihubungkan dengan estetika seni Lingga Tangan berarti Lukisan yang berkarakter sesuai dengan pemilik lingga tangan masing -masing manusia. Tambahan informasi Lingga atau Linggam dihubungkan dengan kemahakuasaan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Batara Siwa yang berarti kesadaran diri manusia akan jati diri .

Tema yang diusung oleh pamaran Tunggal I Kadek Rudiantara atau nama bekennya ABOEDT ART yaitu THE SPIRIT OF LINGGA TANGAN DARI DIWANG DANGIN MENUJU DUNIA mengandung makna semangat mengenal jati diri sangat penting dalam berkreasi seni , sedangkan diwang dangin ingin memberikan pesan bahwa adanya ruang dan waktu berkarya bagi para seniman di dunia atau dimuka bumi yang tercinta.

Pameran Lingga Tangan dari Aboedt Art akan berlangsung dari 16 Agustus- 16 Desember 2017 akan mengambil dua lokasi yaitu pembukaan di Diwang Dangin 16-17 Agustus 2017 dan 18 Agustus – 16 Desember 2017 di Keluarga Mas Galeri Jalan Raya Lodtunduh , Desa Lodtunduh Kecamatan Ubud.

Bagi aboedt atau Kadek Rudiantara , Pemeran Tunggal ini dia persembahkan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 sebagai rasa syukur terhadap kemerdekaan itu sendiri sebagai jembatan emas untuk Indonesia Hebat, dan aboedt art mengisi kemerdekaan tersebut dengan berkreatifas dalam bentuk pelukis lingga tangan.

Pameran Tunggal ini akan memamerkan Lukisan Tangan tangan orang terkemuka dunia seperti : Tanda Tangan mantan Presiden Obama, Tanda Tangan Mantan Gubernur DKI Jakarta, tanda tangan Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali serta masyarakat dunia lainya.

Pameran solo ini akan memajang 1945 + 8 + 17 buah lukisan di sepanjang 200 meter tembok warga di rurung Diwang Dangin.
Sepenuhnya kegiatan ini di sponsori oleh Keluarga Mas Galeri banjar Batanancak Desa Mas ubud. Warga Batanancak sangat berbangga lahirnya seniman lukis yang berbakat seperti Aboedt ar

Tinggalkan Komentar...