Peringatan HUT ke-72 RI, Wabup Sanjaya Buka Parade Baleganjur dengan “Nepak Kulkul “

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya “Nepak Kulkul” sebagai tanda dibukanya Parade Baleganjur Sekehe Teruna (ST) 7 (Tujuh) Banjar Dinas se-Desa Tunjuk

Tabanan, balipuspanews.com – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya “Nepak Kulkul” sebagai tanda dibukanya Parade Baleganjur Sekehe Teruna (ST) 7 (Tujuh) Banjar Dinas se-Desa Tunjuk, Rabu (16/08) di Lapangan Desa setempat. Parade baleganjur tersebut merupakan puncak, dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Yowana Priyahita Desa Tunjuk, Tabanan.

Turut hadir mendampingi Anggota DRPD Kabupaten Tabanan I Wayan Widnyana, I Made Desta Kumara dan I Gusti Komang Wastana.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan kebanggaan atas semangat dan antusias masyarakat dalam melaksanakan kegiatan terkait peringataan HUT RI Ke-72, khususnya dalam bidang pelestarian seni dan budaya. Desa Tunjuk adalah gudangnya seniman, dari zaman dulu hingga sekarang telah banyak melahirkan seniman-seniman besar.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, saya memberi apresiasi buat desa tunjuk, karena desa ini telah banyak berkontribusi dalam pembangunan khususnya bidang seni dan budaya. Kedepan bagaimana hal ini harus terus dipupuk dan dijalankan,” ujarnya.

Wabup Sanjaya melanjutkan kegiatan parade baleganjur merupakan salah satu bagian dari program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Semesta Berencana(RPJMD-SB) untuk mewujudkan Tabanan Serasi, Tabanan sejahtera aman dan berprestasi, dalam bingkai Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB).

“ Kami patut berbangga, karena ada bagian yang tidak boleh kita tinggalkan, yaitu bagaimana kita melestarikan adat, agama dan budaya. Dan pelestarian itu telah dilaksanakan hari ini di Desa Tunjuk,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Ketua Karang Taruna Yowana Priyahita Desa Tunjuk I Putu Andi Darma Putra mengatakan kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia yang ke -72 telah berlangsung dari tanggal 6 Agustus lalu. Dan parade Baleganjur merupakan kegiatan puncak yang berlangsung tanggal 16 Agustus.

“ Kegiatan perayaan telah kita lakukan dari tanggal 6 Agustus lalu, seperti kegiatan lomba tari, Lomba mejejahitan, Lomba Nyastra Bali, Mesanti, Sepak Bola dan lain-lain . Kita fokus pada kegiatan, di bidang kesenian dan olah raga. ”ujarnya.

Putu Andi melanjutkan kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat desa Tunjuk, juga bertujuan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar pemuda, anggota masyarakat dan membangkitkan potensi seni yang ada di desa Tunjuk.

“Karang Taruna sebagai pemrakarsa dan pelaksana kegiatan, seluruh komponen masyarakat kita libatkan. Seperti Tarian Pendet Massal dan Tarian Bungan Sandat Serasi, penarinya adalah ibu ibu PKK,” jelasnya

Sebagai partisipasi demi kesuksesan acara parade tersebut, Wakil Bupati Sanjaya juga menyerahkan mepunia sebesar 5(lima)juta rupiah.

 

Tinggalkan Komentar...