Sudikerta Hadiri Nyekah Massal di Desa Pakraman Bukit Batu

Wagub Bali Ketut Sudikerta hadiri karya di Desa Pakraman Bukit Batu, Samplangan, Kabupaten Gianyar

Gianyar, balipuspanews.com – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menghadiri karya Atma Wedana Nyekah Massal warga Desa Pakraman Bukit Batu, Samplangan, Kabupaten Gianyar, Sabtu (12/8).

Kehadiran Wagub Sudikerta untuk memberi dukungan moril maupun materiil kepada krama Desa Pakraman Bukit Batu, yang sudah melaksanakan upacara memukur secara bersama-sama.

Wagub Sudikerta memberi apresiasi atas kebersamaan krama Desa Bukit Batu, yang terdiri dari 22 pesemetonan mau bergotong royong melaksanakan upacara memukur massal.

“Upacara agama yang dilaksanakan secara massal sangat positif manfaatnya mengingat diselenggarakan secara gotong royong oleh krama dan biaya yang dikeluarkan pastinya akan lebih murah, namun tidak mengurangi nilai dan maknanya,” ujar Sudikerta.

Lebih lanjut, dengan menyelenggarakan yadnya secara bergotong royong maka hal itu jauh lebih baik daripada satu upacara dilaksanakan sendiri-sendiri dan secara besar-besaran namun di akhir upacara meninggalkan hutang.

Ditambahkan Sudikerta, pelaksanaan upacara pitra yadnya dan rangkaiannya bagi arwah leluhur merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali sebagai bentuk bakti, penghormatan dan membayar hutang sebagai anak yang telah dibesarkan oleh para leluhur sesuai ajaran Tri Rna.

Sudikerta juga mengatakan, upacara yang dilaksanakan secara bergotong royong justru akan semakin mempererat persaudaraan dan sekaligus memperkecil biaya yang dikeluarkan secara pribadi, lantaran pelaksanaan upacara di Bali tidak akan pernah surut, melainkan berjalan secara berkesinambungan sebagai upaya penyeimbangan hidup antara skala dan niskala.

Sementara itu, Bendesa Adat Bukit Batu I Ketut Linggih menyambut gembira kehadiran Wakil Gubernur dalam rangkaian upacara yang digelar mulai tanggal 3 Agustus lalu.

“Pada hari ini krama desa akan melaksanakan ngangget don bingin, selanjutnya akan dilakukan upacara ngajum dan puncaknya tanggal 17 Agustus 2017 akan dilaksanakan meajar-ajar ke Pura Goa Lawah, Pura Dalem Puri dan Pura Besakih,” kata dia.

Dalam kesempatan ini, Wagub Sudikerta didampingi Kepala Dinas PU Provinsi Bali Ir I Nyoman Astawa Riadi.

Tinggalkan Komentar...