Minggu, Juli 21, 2024
BerandaJembrana128 Ekor Babi dan Beras Dibagikan ke Seluruh Desa Adat

128 Ekor Babi dan Beras Dibagikan ke Seluruh Desa Adat

JEMBRANA, balipuspanews.com– Serangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1946, desa adat di Jembrana mendapat bantuan babi dan beras. Bantuan itu diserahkan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, di Stadion Pecangakan Jembrana.

Selama kegiatan juga dihadiri Wabup Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Mohamad Aldiansyah, Wakapolres Jembrana Kompol I Made Kanton  serta kepala OPD terkait.

Masing-masing desa adat  mendapatkan 2 ekor babi dan 200 kilogram beras. Bantuan diperuntukkan untuk membantu umat hindu dalam melaksanakan upacara melasti yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan bahwa bantuan ini merupakan program pemerintah yang sudah berjalan tiga kali, semenjak dirinya menjabat sebagai Bupati Jembrana. Bantuan ini diberikan  kepada masing-masing desa adat dengan 2 ekor babi dan 200 kg beras.

“Bantuan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi khususnya pada saat pemelastian Ida bhatara. Mudah-mudahan dengan bantuan ini pelaksanaan catur brata penyepian dilaksanakan dengan seksama,“ ujarnya.

Bupati Tamba juga meminta kepada semua unsur di desa adat, bendesa, kelian untuk kedepannya juga harus bekerja profesional karena kedepannya Jembrana akan menyambut Jembrana Emas Tahun 2026.

BACA :  Pelaksanaan APBD Gianyar 2023 Berjalan Sesuai Norma, Dewan Sepakat Dijadikan Perda

“Mohon bantu semua program Pemerintah Kabupaten Jembrana,” paparnya.

Tamba berharap kepada seluruh umat Hindu khususnya di Jembrana untuk bisa menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1946 dengan sungguh-sungguh.

Sehingga pelaksanaan brata penyepian bisa berjalan dengan baik setiap tahunnya serta terus ada peningkatan.

”Kepada seluruh umat Hindu dimanapun, khususnya di Jembrana agar benar-benar melaksanakan catur brata panyepian, kita hormati tradisi kita, semakin tahun harus semakin bagus, hargai betul-betul brata panyepian,” harapnya.

Sementara, Ketua MDA Jembrana, I Nengah Subagia menyampaikan terimakasih kepada bupati Jembrana yang juga selaku pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana sudah hadir membantu kelancaran serangkaian perayaan Hari Raya Nyepi.

“Bantuan ini dipergunakan untuk kelancaran demi proses Melasti berjalan baik. Krama desa yang melakukan ngayah di desa adat supaya tidak lesu dan tetap semangat sehingga dapat berjalan lancar dan baik,“ tandasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular