13 Hari Masuk DPO, Bule Rusia Ditangkap Bersama Istrinya di Villa

Press conference penangkapan DPO
Press conference penangkapan DPO

DENPASAR, balipuspanews.com – Setelah 13 hari dilakukan pencarian, bule asal Rusia berinisial AK,32, yang kabur dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dibantu istrinya ET,31, berhasil ditangkap kembali. Tim gabungan Imigrasi dan Polda Bali mengamankan keduanya di sebuah Villa dikawasan Seminyak, Kuta Utara, Rabu (24/2/2021) sekitar pukul 01.30 WITA dinihari.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk pencarian terhadap DPO pasangan suami istri itu sudah dilakukan di sejumlah lokasi. Tidak hanya di tempat wisata, penginapan, dan hotel tapi dibeberapa lokasi Pelabuhan di Bali.

Selama proses pencarian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai mengerahkan seluruh personel untuk melakukan pencarian di seluruh wilayah Bali. Termasuk mencegah keduanya melarikan diri keluar Bali.

Baca Juga :  Ratusan Petugas Kebersihan di Klungkung Dapat Bantuan Sembako

“Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri dan instansi terkait untuk mencari keberadaan AK dan istrinya tersebut,” ungkap Jamaruli.

Setelah 13 hari dilakukan pengejaran, tim gabungan Imigrasi dan Resmob Polda Bali akhirnya mendapatkan informasi keduanya tinggal di salah satu villa di Jalan Bumbak Dauh Canggu Kuta Utara.

“Kami menerima informasi keduanya sembunyi di villa di Seminyak, tim lalu bergerak kesana,” bebernya.

Tim kemudian menyantroni villa tersebut, Selasa (23/2/2021) sekitar pukul 22.00 WITA. Namun keduanya disebutkan sudah kabur dari villa tersebut. Didapat kembali informasi bahwa AK sudah pindah ke sebuah Villa di kawasan Jalan Umalas I, Seminyak, Kuta Utara.

Pencarian kembali dilanjutkan Rabu (24/2/2021) sekitar pukul 01.30 WITA. Setibanya di lokasi villa, tim melakukan penggeledahan. Akhirnya pasutri itu ditemukan berada di villa tersebut.

Baca Juga :  Konsisten Terapkan Program TJSL, PLN Terima Kunjungan Tim Penilai

“Keduanya sudah kami amankan diamankan di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai,” tegasnya.

Dengan tertangkapnya kedua bule Rusia itu, Jamaruli mengucapkan terimakasih kepada jajaran Mabes Polri di Jakarta, Polda Bali, Kodam IX Udayana, serta seluruh masyarakat Bali yang telah membantu dalam memberikan informasi serta melakukan proses pencarian.

“Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Direktur Reserse Kriminal Umum beserta Tim Resmob Polda Bali dan personil Imigrasi yang sangat luar biasa mendampingi pencarian dari awal hingga ditemukannya keduanya,” terangnya sembari mengatakan kedepan pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan Polda Bali dalam penguatan pelaksanaan SOP penanganan Deteni.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Baca Juga :  Update Gempa Cianjur: 4 Jenazah Ditemukan, Korban Meninggal Dunia Bertambah 327 Orang

Editor : Oka Suryawan