Sabtu, April 13, 2024
BerandaBuleleng16.230 Titik LPJU di Buleleng Siap Dimatikan Saat Nyepi

16.230 Titik LPJU di Buleleng Siap Dimatikan Saat Nyepi

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 16.230 titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kabupaten Buleleng siap dimatikan pada perayaan Nyepi Tahun Caka 1945, Rabu (22/3/2023).

Untuk memperlancar proses pemadaman Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng telah mempersiapkan 25 petugas yang disiagakan di berbagai wilayah untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Catur Brata Penyepian.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng Gede Gunawan, Senin (20/3/2023) mengatakan, petugas LPJU akan mematikan lampu traffic light, lampu penerangan jalan non kwh maupun kwh, serta lampu tenaga surya.

Adapun jumlah titik LPJU yang ada di Kabupaten Buleleng dengan total 16.230 titik hal tersebut diantaranya lampu yang berkWh langsung sebanyak 354 ID kWh yang dimatikan secara manual dengan perhitungan per ID kWh memiliki daya antara 5500 kWh – 7700 kWh, yang mana dengan total daya tersebut minimal dapat melayani antara 45 titik lampu hingga 64 titik lampu dengan daya beban per lampu sebesar 120 watt.

Kemudian 210 titik untuk lampu tenaga surya, dan sisanya adalah lampu non kWh yang perlu dimatikan dengan bantuan dari masyarakat baik itu yang dipasang sendiri maupun usaha desa. Selain LPJU, sebanyak 15 titik lampu traffic light juga akan dimatikan setelah perayaan pengerupukan

BACA :  Diduga Depresi Kakek Nyebur ke Sumur

“Kami akan mematikan LPJU dan traffic light sekitar pukul 22.00 – 23.00 WITA, dan menghidupkan kembali pada saat ngembak geni pagi pukul 07.00. Selain itu, untuk pemadaman lampu non kWh sudah bersurat kepada seluruh perangkat desa dan kelurahan yang akan dipantau langsung oleh tim kita di lapangan,” tegasnya.

Kadis Gunawan menambahkan, jika nanti apabila ada suatu kejadian LPJU yang masih hidup, Dishub sudah berkoordinasi dengan PLN terkait pinjam pakai motor listrik untuk peninjauan lapangan dan MDA Kabupaten Buleleng terhadap permohonan dispensasi petugas lapangan.

Diakhir, pihaknya menghimbau jika masyarakat menemukan LPJU yang masih menyala di sekitar lingkungannya, dapat melaporkan ke call center Dishub yang dikoordinir oleh Sutawan dengan nomer ponsel 081804292676.

“Kami sudah berusaha untuk memfasilitasi Catur Brata Penyepian yaitu Amati Geni dengan mematikan lampu demi menjaga pelaksanaan Nyepi yang khusyuk dan khidmat,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular