Senin, Juni 24, 2024
BerandaBangli1700 Peserta Semarakkan BCA BTR Ultra 2024

1700 Peserta Semarakkan BCA BTR Ultra 2024

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka BCA Bali Trail Running (BTR) Ultra 2024, yang mengambil start di Batur Hot Spring Desa Batur Kintamani Bangli, Jumat (10/5/2024).

BCA BTR Ultra 2024 akan melalui rute hampir 85 Kilometer yang di bagi menjadi beberapa katagori yaitu 7 Km kids, 15 Km, 30 Km dan 2 katagori ultra trail yaitu 55 Km dan 85 Km sehingga terdapat 2 penambahan katagori yaitu 7 Km kids dan 85 Km dan event akbar ini menarik kurang lebih 1700 peserta baik dari Indonesia dan mancanegara.

Dimana tahun ini telah memasuki tahun ke lima penyelenggaraan pada jumat hingga minggu (10-12 Mei 2024) yang dikemas berbeda namun tetap memperhatikan kwalitas event, dari segi kenyamanan dan keselamatan peserta serta dukungan dari instansi terkait dan sponsor.

Ditemui di sela-sela event, panitia BCA Bali Trail Running (BTR) Kadek Darma Susila, menjelaskan dipilihnya Kintamani adalah karena iconic geopark dan bentangan alam luas yang sangat indah mulai dari Gunung dan Danau Baturnya, Black Larva, Gunung Abang dan bukit Trunyan yang indah. Sehingga Panita bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangli untuk memperkenalkan Kintamani melalui event ini, dan diharapkan bisa memberikan efek pada warga sekitar.

BACA :  Sekaa Gong Batur Mahaswara, Tampilkan Garapan Seni 100% Otentik Rasa Desa Batuan

“Dan dilihat dari segi geografisnya sangat luas dan sangat bagus sekali untuk event seperti ini mungkin tahun depan rute akan di tambah lagi melewati tiga gunung sekaligus sampai ke Kabupaten sebelah, tetapi sentralnya tetap di Kintamani. Pengalaman peserta kemarin mengatakan ini rute sangat bagus tidak kalah jauh dari gunung rinjani, mereka turun dari bukit Abang dengan view nya sangat luar biasa sehingga dari panitia tidak kesulitan menjual event ini keluar Negeri dan terbukti terjadi lonjakan peserta dari event sebelumnya,” ujarnya.

Kemudian dari pihak sponsor menambahkan BCA BTR Ultra disamping memperkenalkan olahraga trail run kepada masyarakat juga tentunya untuk mendukung program Pemerintah dalam ikut mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya di daerah Kintamani dan sekitarnya.

Selaku Panitia, Eka Putu Ananta menambahkan bahwa BCA BTR Ultra sebagai bagian dari sport tourism diharapkan menjadi alternatif kegiatan wisatawan berbasis keindahan alam.

Sementara itu Sedana Arta mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak panitia penyelenggara dan para sponsor yang telah turut mendukung BCA BTR Ultra 2024.

BACA :  Bursa Calon Pimpinan DPD RI, Senator Senior hingga Milenial Kompak Usung Paket LaNyalla, Nono, Elviana, Tamsil

“Tidak dibayangkan 40 Negara yang ikut berpartisipasi dengan 1700 lebih peserta yg hadir dalam acara ini, sehingga bisa memberi efek bagi pariwisata dan UMKM di Kintamani dan Pemerintah Kabupaten Bangli akan trus mensuport kegiatan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sedana Arta menambahkan, terbukti lebih dari seminggu akomodasi di Kintamani full dan sulit untuk mendapatkan kamar selama adanya BCA BTR Ultra ini. Tentu ini sangat berdampak baik terhadap pariwisata di Bangli khususnya Kintamani dan sekitarnya.

“Pemerintah Kabupaten Bangli menyambut baik event seperti ini, kepada penghobi lain silakan mulai berinovasi dan berekspresi tentu kami selalu membuka diri terkait sport tourism. Mungkin ke depan event apa yang akan di laksanakan, kami selaku Pemerintah selalu siap dan selalu akan mensuport segala kegiatan yang berdampak positif untuk kemajuan Kabupaten Bangli,” tutupnya.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular