Selasa, Maret 19, 2024
BerandaGianyar19 Negara Buka Lowongan, 459 PMI Asal Gianyar Sudah Berangkat

19 Negara Buka Lowongan, 459 PMI Asal Gianyar Sudah Berangkat

GIANYAR, balipuspanews.com – Meredanya pandemi Covid-19 diberbagai negara berhimbas pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Gianyar. Sampai akhir September 2021 ini, tercatat 459 PMI asal Kota Seni yang berangkat ke berbagai negara. Hal ini diungkapkan Kadisnaker Gianyar AA Dalem Jagadhita, Senin (25/10/2021).

Menurut Jagadhita, dari 459 PMI yang berangkat terdiri dari 290 pria dan 169 perempuan. Sebagian besar negara yang dituju adalah Turki, sebagai pekerja terapis dan spa.

“Ada 19 negara yang sudah membuka lowongan buat PMI,” jelas AA Dalem Jagadhita.

Dikatakannya, persyaratan administrasi keberangkatan sangat ketat, dan hal tersebut terus menjadi pantauan dari negara penerima PMI.

“Kalau penilaian terhadap PMI asal Indonesia positif, karena apapun persyaratan yang diminta selalu ditaati,” ujarnya.

Diantara negara-negara yang sudah menerima PMI untuk pekerjaan di darat adalah Turki, Hungaria, Hongkong, Irak, Arab Saudi, Korsel, Polandia, Rusia, Swiss dan beberapa negara di Afrika.

Sedangkan untuk pekerjaan laut (pesiar) PMI asal Bali sudah melakukan kontrak atau melanjutkan kontrak yang sebelumnya. Sedangkan dari data sebelumnya, jumlah PMI asal Gianyar sekitar 1.500 orang, sehingga yang sudah berangkat sepertiganya.

BACA :  Dua Pelaku Curanmor Ditangkap

“Nah sisa dua pertiga ini ada yang sudah mengurus administrasi, namun sebagiannya juga ada yang sudah membuka usaha sendiri dan ada yang kembali sebagai petani yang lebih modern,” tutupnya.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular