Jumat, Juni 21, 2024
BerandaBuleleng2.275 Orang Pengawasan TPS Dilantik, Bawaslu : Mereka Kunci Utama di TPS

2.275 Orang Pengawasan TPS Dilantik, Bawaslu : Mereka Kunci Utama di TPS

BULELENG, balipuspanews.com – 2.275 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kabupaten Buleleng secara resmi dilantik, Senin (22/1/2023) di Hotel Banyualit Spa’n Resort Lovina, Singaraja. Mereka akan bertugas melakukan pengawasan dalam Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari mendatang.

Sesuai dengan Undang-undang (UU) No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, PTPS harus dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 hari setelah hari pemungutan suara.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buleleng Kadek Carna Wirata mengatakan para PTPS yang sudah dilantik tentunya akan ikut memastikan semua proses pelaksanaan terkhusus di tempat pemungutan suara (TPS) berjalan sesuai perundang-undangan.

Sehingga dalam melaksanakan proses dari pengawasan harus dilakukan sebaik-baiknya, panduan dan tata cara yang harus dilakukan di TPS harus dipahami dengan baik dan benar sekaligus bagaimana menerapkan daripada netralitas.

“Mereka harus paham betul aturan disana (TPS) karena mereka jadi kunci utama dalam melakukan pengawasan dan lebih berkuasa di dalam TPS,” pintanya.

BACA :  Menko PMK: Percepatan Penimbangan dan Pengukuran Balita Di Seluruh Posyandu

Disamping itu, Carna juga ingin memastikan nantinya seluruh proses sekaligus tahapan pemungutan serta perhitungan suara pada Pemilu Tahun 2024 berjalan sesuai aturan yang ada. Maka dari itu usai dilantik para PTPS diberikan pembekalan serta sejumlah pemahaman terkait tugas pokok dan fungsi mereka saat pemilihan nanti.

“Kami juga berikan mereka pembekalan jadi harapan kami mereka paham dengan tugas pokok dan fungsinya baik dihari pemungutan suara atau sebelum pelaksanaan Pemilu,” tegas dia.

Sehingga pihaknya berharap melihat waktu pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari. Ribuan PTPS tersebut akan bisa cepat memahami yang diberikan saat pembekalan dan nantinya saat ditempatkan di setiap TPS yang telah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng yaitu sebanyak 2.275 TPS yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Buleleng mereka sudah siap bekerja maksimal.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular