16/08/2020, 1:03 AM
Beranda Bali Denpasar 2 Pemuda Penjual Pil Koplo Dituntut 18 Bulan Penjara

2 Pemuda Penjual Pil Koplo Dituntut 18 Bulan Penjara

Denpasar, balipuspanews.com- Muhamad Aminullah alias Amin (27), dan David Indrawan alias Andri (26) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dituntut 1 tahun ditambah 6 bulan penjara (18 bulan).

Tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Hari Soetopo, di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, terkait kasus obat keras ilegal sejenis Pil Koplo.

Kedua pemuda dalam tuntutan Jaksa dinyatakan melanggar Pasal 197 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Baca Juga: 

Waka Polres Klungkung Kembali Ingatkan Personilnya Untuk Tingkatkan Kewaspadaan, Pasca Ledakan…

“Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili dan memeriksa perkara ini agar menjatuhkan hukuman pidana terhadap terdakwa Muhamad Aminullah dan David Indrawan masing-masing dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan,” tegas Jaksa dihadapan majelis hakim diketuai Ni Made Purnami.

Selain dihukum penjara, Jaksa juga meminta majelis hakim agar membebankan kepada ke dua terdakwa dengan pidana denda masing-masing sebesar Rp75.000.000 subsidair 3 bulan penjara.

Menanggapi tuntutan ini, kedua terdakwa langsung menyampaikan pledoi secara lisan.

Pada intinya, memohon kepada majelis hakim agar nantinya menjatuhkan hukuman yang seringan ringannya.

Sebagaimana disebutkan dalam dakwaan JPU,  kedua terdakwa membeli pil “Y” dari Rustam seharga Rp90.000 atau Rp30.000 per plastik.

Beruntung, perbuatan para terdakwa ini cepat terendus oleh pihak kepolisian. Keduanya langsung diciduk pada 22 Januari 2018 sekitar pukul 12.20 wita di Pelabuhan Bedoa Dermaga Barat depan Kantor BTS dengan barang bukti berupa 3 kantong plastik berisi pil warna putih masing-masing 9 tablet, berisi 10 tablet dan 7 tablet.

Masih dalam dakwaan JPU, bahwa tablet warna putih berlogo “Y” mengandung Trihexyphenidyl yang kegunaannya untuk mengatasi Parkison atau penyakit degenerasi saraf atau penurunan fungsi syaraf yang bersifat progersif pada umumnya terjadi pada usia diatas 50 tahun.(Jr/bpn/tim)

Diseruduk Truck, Komang Terjun Bebas ke Jurang Sedalam 7 Meter

SEMARAPURA, balipuspanews.com - Kecelakaan laka lantas terjadi antara sepeda motor scopy DK 7521 LM yang dikendarai Komang SD (19) dengan kendaraan Truck Isuzu DK...

Terkait Kasus JRX, GPS Ikut Bersuara

BULELENG, balipuspanews.com - Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Direktorat Reskrimsus Polda Bali, I Gede Ari Sutisna alias Jerinx yang merupakan Drummer dari Superman Is...