2 Tahun Tidak Jalan Karena Covid-19, Lomba Baleganjur Remaja Kembali Digelar di Kabupaten Gianyar

Lomba baleganjur Remaja di Puspem Payangan, Rabu (26/10/2022) malam
Lomba baleganjur Remaja di Puspem Payangan, Rabu (26/10/2022) malam

GIANYAR, balipuspanews.com – Setelah 2 tahun tidak diselenggarakan akibat pandemi Covid-19, Lomba Baleganjur Remaja akhirnya kembali digelar di Kabupaten Gianyar. Kali ini, Lomba Baleganjur Remaja digelar di Pusat Pemerintahan (Puspem) Payangan, Rabu (26/10/2022) malam.

Dalam Lomba Baleganjur Remaja dengan tajuk “Yang Muda Berkarya” ini diikuti oleh 7 peserta dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar, yakni Kecamatan Gianyar, Kecamatan Ubud, Kecamatan Blahbatuh, Kecamatan Tampaksiring, Kecamatan Sukawati, Kecamatan Payangan, dan Kecamatan Tegallalang.

Untuk Kecamatan Gianyar diwakili oleh Komunitas Seni Karang Taruna Kerti Yasa dari Kelurahan Abianbase, kemudian untuk Kecamatan Ubud diwakili oleh Sekaa Baleganjur Sabha Yowana Sami Sameton Desa Adat Mawang Desa Lodtunduh, Kecamatan Blahbatuh diwakili oleh Komunitas Seni Saba Maya Raja dari Puri Taman Blahbatuh, Kecamatan Tampaksiring diwakili oleh Komunitas Seni Gelung Agung dari Desa Tampaksiring, Kecamatan Sukawati diwakili oleh Sekaa Baleganjur Bala Akusara dari Desa Sukawati, Kecamatan Payangan diwakili oleh Sandhi Jnana dari Desa Melinggih, dan Kecamatan Tegallalang diwakili oleh Sekaa Baleganjur Yowana Giri Puspa dari Banjar Kedisan Kaja Desa Kedisan.

Lomba Baleganjur Remaja antar kecamatan se-Kabupaten Gianyar ini dibuka oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Gianyar I Ketut Mudana. Dalam sambutannya, dijelaskan sambutan Bapak Bupati Gianyar terkait bangkitnya kembali kesenian dan pelaku seni yang dulunya sempat vakum akibat mewabahnya pandemi Covid-19.

“Ini merupakan sebuah momentum yang sangat baik, dimana setelah cukup lama tidak diselenggarakan akibat mewabahnya pandemi Covid-19 dan saat ini akhirnya Lomba Baleganjur Remaja di Kabupaten Gianyar dapat diselenggarakan kembali,” ujarnya.

Lomba Baleganjur Remaja yang diselenggarakan di area Puspem Payangan inipun mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya penikmat seni yang sudah lama menantikan diselenggarakannya lomba baleganjur.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan