Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBuleleng32 Sekolah Ditetapkan Jadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023

32 Sekolah Ditetapkan Jadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023

BULELENG, balipuspanews.com -Pemerintah Kabupaten Buleleng menetapkan sebanyak 32 sekolah tingkat SD dan SMP sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023. Penetapan dan pemberian sertifikat Sekolah Adiwiyata dilakukan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (28/11/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa menyampaikan program adiwiyata pada prinsipnya adalah menjadikan lembaga formal yakni sekolah menjadi penguat implementasi pola hidup bersih. Adiwiyata ini termasuk hingga penataan halaman, pemenuhan kriteria kebersihan, hingga memenuhi standar sanitasi sekolah. Sehingga diharapkan lebih banyak sekolah di Kabupaten Buleleng bisa mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata ke depannya.

“Jika sekolahnya semakin banyak masuk kategori adiwiyata, maka tentu sekolahnya akan makin bersih. Pola hidupnya juga makin bersih. Dan edukasinya semakin baik,” ungkap dia.

Suyasa menambahkan konsep Sekolah Adiwiyata menyangkut tentang bagaimana edukasi dan penanaman pola hidup bersih dan cinta lingkungan bisa diwujudkan dengan melibatkan langsung siswa. Maka akan terlihat pengetahuan yang dimiliki dipraktekkan serta diimplementasikan dilihat dari bagaimana hasil adiwiyata itu sendiri.

Selain itu, predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten yang telah diraih sekolah diharapkan bisa meningkatkan level daripada sekolah baik ke Sekolah Adiwiyata Provinsi hingga Mandiri.

BACA :  Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

“Maka kalau levelnya itu naik ke provinsi pasti kualitasnya lebih baik. Naik lagi ke nasional lebih baik lagi. Terakhir ke tingkat mandiri. Kalau sudah mandiri pasti nyaman sekali di sekolah. Sebagai media untuk Pendidikan interaksi antar warga sekolah akan sangat bagus,” paparnya.

Disisi lain, Kadisdikpora Astika seusai acara menyampaikan selamat kepada satuan Pendidikan yang telah ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023.

“Semoga Satuan Pendidikan terus melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah, yang bertujuan untuk mendorong terjadinya aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” harapnya.

Lebih lanjut, program ini diharapkan bisa melibatkan semua warga sekolah dalam Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Sehingga bisa menuju lingkungan sekolah yang sehat, asri, hijau serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Kemudian terpenting dengan ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Buleleng Tahun 2023 bisa memacu Satuan Pendidikan lainnya untuk ikut berlomba meraih predikat di Kabupaten sebagai modal dasar berjuang ke Provinsi dan Nasional.

BACA :  Tuntaskan Perbaikan Jalan, Nusa Penida Digelontor Dana Sebesar Rp 56 M

Sekedar diketahui Sekolah Adiwiyata Kabupaten ini merupakan kerja bersama dari Disdikpora dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng. Dimana ada sebanyak 34 salon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2023. Setelah verifikasi dan penilaian, dinyatakan sebanyak 32 sekolah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten tahun 2023 melalui Keputusan Bupati Buleleng.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 24 Sekolah Adiwiyata Kabupaten di Tahun 2022. Hingga saat ini, Kabupaten Buleleng telah memiliki 6 Sekolah Adiwiyata Mandiri, 12 Sekolah Adiwiyata Nasional, 22 Sekolah Adiwiyata Provinsi, dan 75 Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor    : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular