4 Hektar Lahan Pertanian Kekeringan, Wabup Made Kasta Turun ke Lokasi

Wabup Made Kasta tinjau Subak Dawan, Tempek Dauh Bukit, Desa Dawan Klod 
Wabup Made Kasta tinjau Subak Dawan, Tempek Dauh Bukit, Desa Dawan Klod 

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Informasi kekeringan yang terjadi di subak Dawan, Tempek Dauh Bukit, Desa Dawan Kelod, Dawan, Klungkung langsung disikapi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Orang nomor dua di Bumi Serombotan ini langsung turun ke lokasi subak, Senin (3/5/2021).

Klian Subak Dawan Dauh Bukit Wayan Sumerta melaporkan, lahan pertanian seluas sekitar 4 hektar sangat susah teraliri air. Air hanya akan mengalir jika aliran sungai deras setelah sebelumnya turun hujan. Namun belakangan, dimana musim panas mendera wilayah Klungkung, sejumlah anggota subaknya pun mengeluh akibat tanaman yang hampir panen mengalami kekeringan.

“Padahal sudah dibuatkan saluran air, namun saluran ini belum bisa mengalirkan air sungai ketika surut ke lahan pertanian warga akibat bentuk saluran yang kurang memadai. Hal ini mengakibatkan banyak tanaman warga yang merupakan tanaman palawija mengering dan menurunnya hasil panen,” ujar Klian Subak Wayan Sumerta.

Mendapati laporan tersebut, Wakil Bupati Made Kasta yang didampingi Perbekel Dawan Klod menginstruksikan Dinas PU PRPKP bidang SDA untuk segera menindaklanjuti keluhan warga.

“Lahan warga harus segera mendapatkan air, segera lakukan kajian dan secepatnya perbaiki saluran irigasi ini sehingga air bisa kembali mengalir lagi ke lahan warga, apalagi sekarang sudah musim kering,” ujar Wabup Kasta.

Lebih lanjut Wabup Made Kasta juga menyampaikan apresiasi kepada anggota KODIM 1610 Klungkung yang terus bekerja meski dibawah cuaca panas guna mewujudkan jalan lingkar ini. Apalagi beberapa anggota TNI ada yang tengah menjalankan ibadah puasa juga turut dalam kegiatan ini.

Penulis : Roni

Editor : Oka