Rabu, Juli 24, 2024
BerandaBadung402 Peserta dari 6 Kecamatan Ikuti Utsawa Dharma Gita 2023 di Balai...

402 Peserta dari 6 Kecamatan Ikuti Utsawa Dharma Gita 2023 di Balai Budaya Niti Mandala Badung

BADUNG, balipuspanews.com
402 peserta Utsawa Dharma Gita dari
6 kecamatan di Badung unjuk kebolehan di Lobby Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Senin (29/5/2023). Acara tersebut dibuka Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa.

Ikut hadir Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Badung, I Made Suwardana, camat se-Badung, kepala Kementrian Agama Kabupaten Badung, ketua Listibya Kabupaten Badung, ketua Widyasabha Kabupaten Badung, ketua Widyasabha Kecamatan se-Kabupaten Badung, ketua Widyasabha Desa se-Kabupaten Badung, koordinator penyuluh bahasa bali Kabupaten Badung, koordinator penyuluh bahasa Bali Kecamatan se-Kabupaten Badung beserta dinas terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung mengapresiasi jajaran Widyasabha Kabupaten Badung termasuk pembina Kecamatan yang sudah melaksanakan pembinaan di tingkat Desa dan Kelurahan. Pihaknya bersyukur dan sangat menyambut baik kegiatan ini bisa dilaksanakan, berlangsung dengan baik tidak ada halangan yang berarti.

“Ini merupakan agenda yang tepat untuk dilaksanakan pemerintah dalam pelestarian adat dan budaya,  paling penting adalah penampilan dari parade ini yang salah satunya dari pembacaan sloka sudah menggunakan translate ke bahasa inggris.

BACA :  DPR Tuan Rumah Forum Parlemen Pasifik, Ketu DPR Tekankan Pentingnya Kemitraan Maritim

Hal ini merupakan suatu kelebihan yang harus terus didorong dimana Badung ini merupakan destinasi wisata untuk perlu mempertimbangkan kemajuan-kemajuan teknologi seperti saat ini,” ucapnya.

Selanjutnya Sekda Adi Arnawa juga meminta kepada Widyasabha selaku tim pengembang untuk tetap memberikan pembinaan kepada yowana, mendorong desa/kelurahan untuk segera membentuk Widyasabha tingkat desa/kelurahan.

“Bagaimana pun untuk mendapatkan atlet Utsawa Dharma Gita diperlukan dukungan oleh semua komponen termasuk desa dan kelurahan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gde Eka Sudarwitha melaporkan bahwa Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung diselenggarakan pada tanggal 29-31 Mei 2023 yang mempertandingkan delapan lomba yaitu Dharma Wacana Bahasa Bali, Dharma Wacana Bahasa Inggris, Kidung Campuran, Membaca Geguritan, Membaca Kekawin, Membaca Palawakya, Membaca Sloka, Menghafal Sloka, dengan 37 kategori.

Dana Kegiatan Utsawa Dharma Gita ini bersumber dari anggaran APBD Kabupaten Badung sebesar Rp 1,2 M, dimana pemenang lomba Utsawa Dharma Gita saat ini akan mewakili Kabupaten Badung di tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan pada bulan September 2023 dan selanjutnya mempersiapkan Utsawa Dharma Gita Nasional Tahun 2024 di Yogyakarta.

BACA :  Pemilik Pabrik Narkoba Lulusan Sarjana Teknik Kimia, Coba Bereksperimen Hingga Sukses Buat Narkoba DMT

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular