Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBuleleng465 Prajurit TNI AD Gelombang II Tahun 2020 Telah Resmi Dilantik

465 Prajurit TNI AD Gelombang II Tahun 2020 Telah Resmi Dilantik

BULELENG, balipuspanews.com – Gelombang II Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat (AD) tahun anggaran 2020 di Sekolah Calon Tamtama (SECATA) Rindam IX/Udayana resmi ditutup, Sabtu (10/4/2021).

Dalam upacara itu sebanyak 465 orang siswa dari tiga Provinsi yaitu Bali, NTB dan NTT dilantik menjadi prajurit Tamtama TNI AD di Lapangan upacara Secata Rindam IX/Udayana, Jalan Surapati, Kelurahan Banyuning, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Dalam sambutannya Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP yang saat itu diwakili Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Chandra Wijaya mengatakan, calon prajurit yang dididik di Secata Rindam IX/Udayana semuanya dinyatakan lulus 100 persen.

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya, pada hari ini kita dapat menjalankan Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Darat Gelombang II TA 2020.

Maka dengan ditutupnya Dikmata ini, Pangdam IX/Udayana maupun pribadi mengucapkan selamat kepada seluruh Prajurit Tamtama TNI AD yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik dan baru saja dilantik menyandang pangkat Prajurit Dua.

BACA :  Komite II DPD RI Gelar Kunker ke Gresik Terkait Pengawasan Pelaksanaan UU Minerba

Sehingga dirinya berharap semoga pangkat yang baru melekat pada pundakmu menjadi kebanggaan dan ilmu keterampilan yang telah diperoleh dari lembaga pendidikan Rindam IX/Udayana ini. Sebab baginya menjadi Tamtama TNI Angkatan Darat, sudah pasti status kalian telah mengalami peralihan yaitu dari kehidupan sipil ke kehidupan militer.

“Seluruhnya akan ditampung di Makorindam IX/ Udayana sampai menunggu pembukaan Dikjur yang direncanakan dibuka pada tanggal 15 April 2021 di Pusdik Kecabangan masing- masing. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan melakukan aktivitas positif seperti pembinaan fisik untuk meningkatkan kondisi agar tetap prima,” jelas Kasdam Chandra saat menyampaikan amanat dari Pangdam IX/Udayana.

Lanjutnya, peralihan ini tidak hanya dicapai dengan pembekalan ilmu pengetahuan dan  keterampilan serta tempaan fisik yang cukup berat, tetapi yang lebih penting yaitu perubahan sikap, mental dan jati diri menjadi seorang prajurit.

“Saya (Pangdam IX Udayana) mengucapkan terima kasih kepada Danrindam IX/Udayana, tenaga pendidik dan tenaga pendukung pendidikan yang telah bekerja keras sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar sesuai kurikulum yang telah ditetapkan dengan selalu mempedomani Protokol Kesehatan Covid-19,” tandasnya.

BACA :  Jaring Bibit Atlet, BPD Undiknas Rektor Cup Basketball Competition kembali Digelar

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, Danrindam IX/ Udayana Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, Wadan Rindam IX/Udayana, Kolonel Inf Sahat Monang Saragih, Waaspers Kasdam IX/Udayana, Letkol Kav Rahman, Wakapendam IX/Udayana, Letkol Kav Sigit P.U.

Terlihat juga Bupati Buleleng yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf.Muhammad Windra Lisrianto, Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa, Dandenpom IX/Udayana, Letkol Cpm Yudi Efrima, Kepala KPPN Singaraja, Jordan, Wadan Denintel Dam IX/Udayana, Mayor Kav Sunaryo, Danyonif Raider 900/SBW yang diwakili oleh Kakorum Yonif Raider 900/SBW, Kapten Inf Khoir Abdila dan beberapa unsur pejabat lainnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular