Edi Wirawan salah satu kader PDIP Tabanan yang diganti sebagai wall Ketua komisi
Edi Wirawan salah satu kader PDIP Tabanan yang diganti sebagai wakil Ketua komisi

TABANAN, balipuspanews.com – Kabar mengejutkan datang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tabanan. Pasalnya, pasca diselenggarakannya Rakernas I PDIP dari tanggal 10 hingga 12 Januari 2020, di Kemayoran Jakarta, lima orang anggota Fraksi PDIP dipecat oleh induk partainya.

Pemecatan kelima wakil rakyat di DPRD Tabanan tersebut terungkap dari siaran pers DPD PDIP Bali. Dalam pers rilisnya tertanggal 16 Januari 2020 dan ditandatangani oleh Sekretaris DPD PDIP Bali I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE., dan Ketua DPD PDIP Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, MM., secara jelas memuat perintah kepada empat ketua DPC PDIP di Bali untuk memberhentikan delapan orang anggota DPRD dari empat kabupaten di Bali dari jabatannya di fraksi dan jabatannya dari alat kelengkapan dewan.

Dari delapan orang tersebut, lima orang merupakan kader PDIP yang duduk sebagai anggota DPRD Tabanan. Sementara tiga lainnya dari tiga kabupaten di Bali yang masing-masingnya seorang dari Kabupaten Bangli, Gianyar dan seorang lagi dari Kabupaten Jembrana.

Dalam rilis tersebut juga dijelaskan, selain pemecatan terhadap lima anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan, salah satu anggota lainnya juga mendapat peringatan keras. Adapun yang mendapat peringatan keras tersebut tiada lain I Gede Purnawan, anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan dari Pupuan.

Dijelaskan pula, pemberhentian kelima anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan tersebut dikarenakan pada saat berlangsungnya Rakernas I PDIP tahun 2020, kelima kader PDIP tersebut dinilai tidak disiplin karena meninggalkan acara yang sedang berlangsung.

Adapun kelima anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan yang dinilai melanggar disiplin tersebut sebagai berikut. I Wayan Widnyana, S.Sos dengan jabatan Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabanan, I Made Suardika (Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Tabanan), I Wayan Sudiana, SE., (Sekretaris Komisi III DPRD Tabanan), I Made Suarta, SH (Ketua Komisi IV DPRD Tabanan) dan I Made Edi Wirawan, SE (Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabanan).

Awak media ini kemudian menghubungi salah satu nama yang diberhentikan dari jabatannya tersebut yakni I Made Edi Wirawan. Dihubungi via aplikasi whatsapp pribadinya pada Kamis (16/1/2020) siang, politikus PDIP asal Desa Beraban, Kediri yang juga santer disebut sebagai salah satu kandidat kuat sebagai calon wakil bupati Tabanan menjawab singkat, masih rapat.

Senada dengan Edi Wirawan, Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya juga belum memberikan komentarnya terkait lima kadernya yang diberhentikan dari jabatannya di fraksi maupun jabatan dari alat kelengkapan dewan. (rah/tim/bpn)