Jumat, Juni 14, 2024
BerandaNasionalJakarta5 Isu Permasalahan Jadi Fokus DPR di Tahun Politik

5 Isu Permasalahan Jadi Fokus DPR di Tahun Politik

JAKARTA, balipuspanews.com – DPR RI kembali memulai persidangan setelah anggota dewan menjalani masa reses sejak pertengahan Desember 2022. Sidang ditandai dengan digelarnya Rapat Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 hari ini, Selasa (8/1/2023).

Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel saat membacakan pidato paripurna mengungkapkan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan, DPR RI pada tahun 2023 akan fokus menyoroti pada beberapa kebijakan, isu, dan permasalahan di berbagai bidang yang perlu dijadikan perhatian.

Isu-isu yang menjadi sorotan ini tidak lepas dari masa penyesuaian dari pandemi Covid-19 dan juga persiapan menghadapi tahun politik pada tahun 2024.

Selain Rachmad Gobel, hadir pimpinan DPR lainnya yaitu Wakil Ketua DRI Abdul Muhaimin Iskandar, Sufmi Dasco Ahmad dan Lodewijk F. Paulus.

Terdapat lima isu permasalahan yang menjadi perhatian oleh DPR RI. Yaitu pertama, permasalahan bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah akibat cuaca ekstrem.

Kedua, penyesuaian aktivitas masyarakat setelah kebijakan PPKM tidak berlaku. Ketiga, permasalahan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk anak. Keempat, permasalahan tenaga honorer, dan kelima, pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024 oleh penyelenggara pemilu.

BACA :  Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Diisi Lomba Sambung Lagu

“Dalam melaksanakan fungsi pengawasan, DPR RI melalui Alat Kelengkapan Dewan, akan memastikan bahwa regulasi, kinerja kelembagaan, kinerja program, serta pengelolaan anggaran berjalan dan dapat memajukan Indonesia di berbagai sektor,” ujar Rachmad Gobel dalam rapat paripurna.

Politisi dari Partai NasDem itu juga menyampaikan bahwa fungsi pengawasan DPR RI juga diarahkan pada berbagai isu, permasalahan, dan pelaksanaan undang-undang di berbagai bidang yang menjadi tugas dari setiap Alat Kelengkapan Dewan.

Selain itu, DPR RI juga akan terus berupaya untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat melalui kolaborasi dengan mitra kerja dan pemerintah.

DPR RI juga akan menindaklanjuti berbagai masalah yang muncul di tengah masyarakat, baik melalui rapat bersama mitra kerja maupun rapat panitia kerja yang dibentuk oleh Alat Kelengkapan Dewan, tim pemantau, maupun tim pengawas DPR RI.

“DPR RI akan mendorong Kementerian dan Lembaga untuk bekerja responsif, terukur, berorientasi menyelesaikan masalah. Sehingga, rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat, dan menyejahterakan rakyat,” ucap Gobel selaku Pimpinan DPR RI Bidang Koordinator Perindustrian dan Pembangunan (Korinbang).

BACA :  Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi, Dinas Pariwisata Denpasar Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Gobel juga menyinggung akan semakin memanasnya suhu politik ke depannya seiiring tahun 2023 sebagai tahun politik menjelang Pemilu 2024.

“Kita memasuki tahun 2023, yang merupakan tahun politik, dimana semua partai politik peserta Pemilu 2024 akan melakukan berbagai persiapan dan upaya untuk mendapatkan suara rakyat, termasuk Anggota DPR RI. Menjadi harapan kita semua, walaupun berada dalam tahun politik, kita dapat mengelola tugas dan fungsi konstitusional DPR RI tetap berjalan dengan baik untuk mewujudkan amanat rakyat; mensejahterakan rakyat; dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara,” sebut Gobel.

Tuan Rumah AIPA ke-44

Dalam menjalankan serangkaian kegiatan diplomasi parlemen pada tahun 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah (host) pada Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44.

Rachmad Gobel dalam pada bagian pidato yang lain menegaskan patut dibanggakan, karena DPR RI akan melanjutkan tongkat estafet Presidensi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) seiring beralihnya keketuaan ASEAN ke Indonesia.

“Sebagai tuan rumah pada Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44, berbagai persiapan sedang dilakukan untuk menyukseskan penyelenggaraan sidang AIPA tersebut,” ujar Gobel.

BACA :  Komisaris dan Direksi Danamon Terima Penghargaan Infobank 500 Most Outstanding Women 2024

Keketuaan Indonesia di ASEAN dan Presidensi Indonesia di AIPA ini diharapkan dapat meningkatkan soliditas dan relevansi ASEAN di tengah meningkatnya rivalitas kekuatan besar serta berbagai tantangan lainnya, termasuk stabilitas kawasan.

Untuk itu, ia mengajak anggota DPR RI turut menyukseskan kegiatan Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44.

“Atas nama Pimpinan, Kami mengundang seluruh Bapak/Ibu yang terhormat Anggota DPR RI untuk ikut menyukseskan bersama Presidensi Parlemen ASEAN yang dapat membawa kemajuan bersama ASEAN,” tegas Rachmad Gobel.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular