Direktur Ditlantas Polda Bali Kombes Pol Wisnu Putra
Direktur Ditlantas Polda Bali Kombes Pol Wisnu Putra

DENPASAR, balipuspanews.com-
Menyambut Hari Valentine Days, Polda Bali akan melangsungkan kegiatan bergengsi “Bali Bhayangkara Valentine Run 2020” yang mengambil Start dan Finish di Pantai Mertasari Sanur, 15 Pebruari mendatang.

Acara yang mengundang para runner dari dalam dan luar negeri ini berhadiah total Rp 629 juta rupiah.

Menurut Direktur Ditlantas Polda Bali Kombes Pol Wisnu Putra selaku Ketua Panitia, kegiatan ini diikuti oleh 5000 pelari seluruh dunia. Lomba tersebut akan start dan finish sore hari di Pantai Mertasari, Sanur, Sabtu (15/2/2020) mendatang.

Para peserta bisa mendaftarkan secara online di http://bhayangkarabali.com. “Di website ini akan terlihat konten-konten bagaimana rutenya, apa saja hadiahnya, asuransinya dan sebagainya,” beber Kombes Wisnu.

Dijelaskannya, untuk pendaftaran berkategori 5 km berbiaya Rp 100.000, untuk 10 km sebesar Rp 150.000 dan 14 km sebesar 200.000. Para peserta pendaftar akan mendapatkan kaos, body pack, nomor dada, sponsor minuman dan asuransi.

“Jadi, siapa pun bisa mendaftar, kenalannya, keluarganya bisa dari luar Bali. Kalau punya kenalan dari expatriat silahkan lebih bagus,” urainya.

Tak hanya itu, seluruh peserta runner akan mendapatkan chip yang terpasang di dada, berguna untuk mendeteksi kecepatan pelari.

” Kami akan buatkan sensor di dada masing-masing runner agar bisa mengetahui manakala sudah mencapai garis finish. Jadi, kalau kita ikuti 14 km, lalu kita potong ke 5 km mau cepat, tidak bisa. Nanti terlihat ada chip nya terlihat di dada runner,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini bersifat skala international dengan mengundang para runner runner, bukan hanya dari Bali saja, tapi dari luar Indonesia. Sejauh ini jumlah peserta yang sudah mendaftar baru 200 orang.

” Kami berharap agar para peserta runner berpartisipasi untuk ramaikan kegiatan ini,” tegas mantan Direktur Lantas Polda Sulawesi Tenggara ini.

Diterangkannya, total hadiah grandprice di acara tersebut yakni 10.000 Dollar Amerika atau setara Rp.140 juta untuk semua kategori laki-laki dan perempuan. Ada pula kategori lain dari usia 40 hingga 50.

” Total seluruh hadiah mencapai Rp.629 juta,” ungkap Kombes Wisnu.

Perwira melati tiga dipundak itu menerangkan, nantinya rute ini akan dimulai dari Pantai Mertasari-Jalan Tirta Empul-Jalan Mertasari-Jalan Cemara-Jalan Danau Tamblingan-Jalan Kesari-Jalan Danau Tamblingan-Jalan Cemara-Jalan Merta Sari-Jalan Tirta Empul dan finish di Pantai Mertasari.

“Untuk memperlancar kegiatan tersebut, kami segera mensosialisasikan ke masyarakat bahwa jalan utama By Pass Ngurah Rai akan ditutup sementara,” bebernya. (pl/tim/bpn)