Wabup. Kembang Hartawan menyalami Napi usai Apel HUT RI.
Wabup. Kembang Hartawan menyalami Napi usai Apel HUT RI.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- 59 Narapidana (Napi) penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Negara mendapat remisi atau p[engurangan hukuman. Remisi tersbut diserahkan saat Upacara Bendera HUT RI ke -74 Sabtu (17/8) di Rutan Negara dengan inspektur upacara Wabup. Jembrana I Made Kembang Hartawan, yang dihadiri Ketua Sementara DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi.

Remisi yang diterima 59 orang napi itu terdiri dari remisi umum 1 sebanyak 58 orang , sedangkan remisi umum II 1 orang. Masa potongan hukuman remisi itu bervariasi mulai selama 6 bulan sebanyak 1 orang, 5 bulan 1 orang, 4 bulan diterima enam napi, 3 bulan sebanyak 12 napi, 2 bulan sebanyak 11 orang sedangkan 1 bulan paling banyak jumlahnya diterima 28 narapidana.

Usai menyerahkan remisi Wabup. Kembang Hartawan berharap mereka dapat berperan dan aktif dimasyarakat, memiliki aktifitas positif serta nantinya dapat menghasilkan karya-karya bernilai ekonomi.

“Pemerintah tentu tidak tinggal diam karena terus berupaya lewat serangkaian program yang ditujukan tidak hanya kepada warga diiluar tapi juga mereka yang tengah dalam masa hukuman,” ujarnya.

Contohnya berbagai program pemberdayaan seperti bantuan Kelompok ternak di Lapas berupa kambing kandang koloni. Mereka juga mendapat pembinaan dan pendampingan bekerja sama dengan universitas udayana.

“Harapannya setelah bebas mereka akan paham beternak dengan benar dan tentunya bisa produktif,” jelasnya.

Kembang juga menyerahkan seperangkat alat gong, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah menjaga pelestarian budaya dan menggairahkan kesenian kepada warga binaan.

“Semoga bantuan iini dapat bermanfaat , karena selama menjalani tahanan, warga lapas memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan positif,” ungkapnya.

Sementara Kepala Rumah Tahanan kelas II B Negara, Purniawal mengatakan ada sejumlah syarat bagi napi nuntuk mendapatkan remisi. Diantaranya harus berkelakuan baik , serta mau mengikuti seluruh program pembinaan dan aturan yang berlaku di Rutan.

Saat ini Rutan yang dipimpinnya memiliki 130 warga binaan , yang terdiri atas wanita 16 orang sedangkan laki laki 114 orang. Termasuk warga negara asing kasus laka lantas 1 orang.(nm.bpn/tim)