Jumat, Juli 26, 2024
BerandaLifestyle6 Tips Membeli Sepeda Lipat untuk Gowes Bagi Pemula

6 Tips Membeli Sepeda Lipat untuk Gowes Bagi Pemula

balipuspanews.com – Ditengah pandemi Covid-19 menjaga imunitas tubuh menjadi suatu hal yang sangat penting. Tentu dalam menjaga imunitas tubuh banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti salah satunya dengan bersepeda atau biasa disebut gowes.

Nah bagi Anda yang baru mengenal gowes dan tidak mau ribet saat bersepeda, sepeda lipat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Mengapa?

Alasannya, sepeda lipat bisa digunakan oleh semua kalangan sampai dengan mudah dibawa. Jika Anda lelah sepeda tinggal dilipat dan dimasukkan ke dalam mobil atau alat transportasi lainnya.

Bentuk dari sepeda lipat sekarang ini makin beragam saja, Anda yang ingin melihat koleksinya bisa mengintip di Blibli. Selain melihat-lihat, juga dapat beli secara langsung.

Bagaimana cara membeli sepeda lipat yang nyaman untuk gowes? Nah berikut balipuspanews.com akan berbagi tips bagi Anda yang akan memilih sepeda lipat untuk gowes :

  1. Beli Sepeda Berdasarkan Tujuannya

Pertama-tama sebelum membahas lebih detail, cari tahu terlebih dahulu alasan saat memutuskan membeli sepeda. Apakah digunakan untuk gowes di sekitaran rumah, jalan-jalan di kota saja atau yang lebih extrem. Jika hanya digunakan untuk santai saja, bisa beli sepeda dengan harga terjangkau 1-3 jutaan pun sudah cukup.

Pun juga dengan gear-nya, bagi pemula yang ingin gowes keliling kota saja, pilihlah yang speednya rendah, mulai dari 3 sampai dengan 8. Namun jika digunakan untuk pergi ke gunung atau lebih extreme lagi, speed yang dibutuhkan harus lebih tinggi lagi. Artinya, Anda perlu membeli sepeda lipat dengan harga yang lebih mahal lagi.

BACA :  Kepergok Mau Mencuri, Pelaku Nekad Bunuh Pemilik Rumah

Selain itu, sekarang juga sudah ada sepeda listrik. Bagi Anda yang tujuannya untuk olahraga, jenis ini tidak akan cocok. Namun bagi yang ingin praktis naik sepeda tanpa mengeluarkan banyak keringat, seperti saat pergi ke kantor, jenis ini bisa dipilih ya.

  1. Pertimbangkan Berat Sepedah Lipat

Sepeda lipat memang banyak dipilih karena lebih praktis dan mudah untuk dibawa. Maka dari itulah, saat membelinya pertimbangkan juga beratnya. Sejauh ini, sepeda lipat memiliki berat kisaran 6,5 sampai dengan 15 kg. Semakin ringan sepeda lipat yang dimiliki tidak hanya makin mudah dibawa, namun juga tambah gesit saat ditunggangi.

Sepeda lipat ringan ini nantinya bisa masuk mobil, kereta api, bahkan juga dengan bus. Karena ditenteng juga enteng, dinaiki juga gesit. Namun biasanya, sepeda yang memiliki bobot enteng ini dipatok dengan harga yang cukup menguras kantong. Jadi, pertimbangkan juga ya.

Bagi Anda para goweser yang sudah berpengalaman, pasti akan memilih yang beratnya ringan. Namun bagi pemula, baru bisa naik sepeda disarankan untuk memilih 15 kg.

Dengan ukuran tersebut, sepeda akan lebih stabil saat digunakan, namun memang akan lebih berat saat dikayuh dibandingkan ukuran yang di bawahnya.

  1. Pertimbangkan Juga Fitur yang Ada di Sepeda
BACA :  Jelang Pilkada, Polres Karangasem Gelar Operasi Cipkon Agung 2024

Jika dahulu sepeda digunakan sebagai alat transportasi, sekarang ini fungsinya semakin luas saja. Untuk ajang olahraga atau sekadar gegayaan saja. Apapun tujuannya, sepeda lipat yang dibeli harus nyaman digunakan. Karena itulah, jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai fitur yang ditawarkan.

Sepeda juga mengalami upgrade dari waktu ke waktu, banyak pembaharuan fitur yang memudahkan para penggunanya. Misalnya ada ada fitur smartphone holder, under seat bag, speedometer digital, sampai dengan multi tool yang digunakan untuk jaga-jaga.

  1. Pilih Material Pembuat Sepeda

Penting juga untuk diperhatikan adalah material pembuat sepeda. Pada umumnya, material pembuat sepeda yang banyak beredar di pasaran adalah besi. Dan besi memiliki bobot yang cukup besar, hal tersebut akan memengaruhi kelincahan dan kegesitan sepeda itu sendiri.

Sekarang ini, material sepeda tidak hanya besi saja namun sudah menggunakan aluminium dan juga karbon. Dua bahan tersebut memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan besi.

Jadi, sepeda akan lebih ringan juga saat dikayuh. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, pemilihan material sepeda ini juga bisa didasarkan pada tempat tinggal. Bagi Anda yang tinggal di area pesisir, perlu sepeda yang lebih ringan dikayuh. Karena akan menghadapi pasir atau angin yang kencang juga.

  1. Pertimbangkan Juga Ukuran Ban

Biasanya, ukuran ban sepeda lipat di pasaran ada di rentang 14-20 inci. Semakin kecil ukuran ban yang dipilih, akan membuat larinya kencang. Pun juga saat dilipat, akan membuat semuanya lebih praktis, ringan, dan mudah untuk dibawa-bawa. Meski begitu, ukuran ban yang kecil terkadang membuat was-was.

BACA :  Pemilik Pabrik Narkoba Lulusan Sarjana Teknik Kimia, Coba Bereksperimen Hingga Sukses Buat Narkoba DMT

Bagi yang ingin mendapatkan kenyamanan saat bersepeda, bisa pilih ban dengan ukuran 15-18 inci. Dengan ukuran tersebut, akan lebih nyaman dan dikayuh lebih stabil. Bahkan di medan yang kurang bagus lebih bisa diandalkan.

Tetapi tentu saja, karena ukurannya yang cukup besar, perlu tenaga extra untuk mengayuhnya.

  1. Beli Sepeda Lipat Jadi atau Rakit Sendiri?

Ada hal lainnya yang juga perlu untuk dipertimbangkan, apakah membeli sepeda lipat yang telah jadi atau rakit sendiri. Dalam hal ini, tergantung pada diri masing-masing.

Sekiranya masih sangat pemula, ada baiknya untuk membeli yang sudah jadi. Karena lebih gampang, tinggal gowes saja.

Sementara bagi Anda yang telah berkecimpung lama dalam dunia sepeda, pilih yang merakit sendiri tidak masalah. Sepeda lipat rakit sendiri harganya lebih murah. Bisa dibeli secara online juga. Salah satu tempatnya, rekomendasinya adalah Blibli.

Nah, saat hendak membeli sepeda lipat terapkan berbagai tips di atas ya. Oh iya, jangan lupa juga tentukan budget sebelum membelinya, supaya pengeluaran tetap terkontrol.

 

Penulis : Gde Candra

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular