Peta penyebaran COVID 19
Peta penyebaran COVID 19

GIANYAR, balipuspanews.com – Dalam peta penyebaran COVID-19 orang dalam pemantuan di Kabupaten Gianyar membengkak dari 313 menjadi 503, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 15 orang.

“Total 503 kategori ODP dan15 PDP,” kata Ketua Satgas Penanggulangan COVID 19, I Kadek Wisnu Wijaya ketika dimintai keterangannya, Selasa (31/3/2020) pagi.

Menurutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 adalah jika mengalami gejala demam (>38 C) atau ada riwayat demam ATAU ISPA tanpa pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Terus kenapa ODP meningkat di Gianyar, Wisnu yang juga Sekda Gianyar ini menjelaskan lantaran perilaku masyarakat belum taat dan waspada, masih mengabaikan social distancing dan phisical distancing

Disamping itu, saat ini makin tajam petugas kesehatan mencari dan tracing, semakin ketahuan siapa.

” Baru terlihat karen masa inkubasi cukup lama dan mengaburkan
salah satunya ada orang masuk, tapi ini hanya meningkatkan importing kasus, bukan transmisi lokal. Transmisi lokal yang paling penting,” jelasnya.

Sebelumnya Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra menyatakan sudah mengoptimalkan 70 posko di kampung -kampung guna mendeteksi warganya sekaligus sebagai pusat komunikasi awal ketika warganya terjangkit COVID -19.

“Saya sudah mengeluarkan surat sejak tanggal 18 Maret lalu untuk efektifkan kembali posko penanggulangan bencana Gunung Agung menjadi posko penanggulangan COVID 19,” kata Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra dalam Teleconference via whatsaap, Sabtu (28/3/2020) lalu.(Art/BPN/tim)