Abrasi Makin Parah Kikis Pantai Kusamba
Abrasi pantai di Klungkung sudah makin parah,tampak bangunan PPI hancur

SEMARAPURA, balipuspanews.com -Beberapa tahun belaakangan ini pantai pantai kawasan Kabupaten Klungkung mulai mengalami abrasi yang parah. Abrasi ini terjadi dikawasan Negari ,Banjarangkan dan diseputar  Pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung semakin parah. Kondisi yang abrasi yang parah ini tampak seperti yang terlihat di Pantai Karangdadi, Desa Kusamba, Jumat (21/2).

Dipantai Karangdadi tersebut,tampak  Bangunan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) yang pembangunannya mangkrak hingga saat ini , yang berada di bibir pantai terlihat hancur diterjang ombak.

Bahkan, sebagian bangunan telah lenyap  digerus ombak. Padahal bangunan PPI di era Bupati sebelumnya yang telah menelan dana sekitar Rp18 miliar tersebut belum pernah digunakan ,kini nampak seperti bangunan hantu . S

malam hari warga sekitar melihat bangunan PPI ini seperti bangunan menyeramkan saat digempur ombak samudra Indonesia.

Ditemui  salah seorang warga yang memiliki warung di tepi pantai, Nyoman Dharma, bangunan PPI sudah hancur sejak lama. Kondisinya makin parah sekitar dua bulan lalu, di mana salah satu bangunan di sebelah timur lenyap diterjang ombak.

“Tidak hanya bangunannya saja, air laut sampai naik dan semua bangunan sudah terkubur pasir laut,” Ujar Nyoman Dharma perihatin.

Untuk diketahui, sejak dibangun tahun 2005, pelaksanaan proyek PPI di Karangdadi tidak pernah tuntas. Anggaran yang dikeluarkan juga tidak sedikit kurang lebih sekitar 18 M ini tampak  bangunan PPI Karangdadi ini sia sia dibangun  tanpa pernah difungsikan seperti peruntukannya. (Roni/BPN/tim)