Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

DENPASAR, Balipuspanews.com – Staf Khusus Presiden Jokowi, Lenis Kagoya mengusulkan agar dibuatkan sebuah manajemen menteri baru khusus menangani tentang Adat dan masalah Adat yaitu Menteri Adat, hal ini disampaikan Lenis agar masalah atau persoalan-persoalan Adat dapat diselesaikan dengan baik melalui adanya Menteri  yang menaunginya.

“Harapan dan pikiran saya sekarang mendorong semua orang-orang Adat membicarakan masalah adat ini harus kita jadikan satu supaya kita usulkan kedepan harus ada Menteri Adat, karena adat adalah kebenaran,” kata Lenis Kagoya yang juga Kepala Suku Papua, Irian Jaya ini, Minggu (3/2) sore saat menghadiri acara Doakan Jokowi 1 Kali lagi di Desa Wisata Kertalangu, Kesiman, Denpasar.

Lenis juga memberikan alasan kenapa Menteri Adat ini seharusnya diadakan adalah karena adat memiliki peran penting sejak sebelum Indonesia merdeka dalam mengajarkan norma-norma dan peraturan untuk masyarakat.

“Indonesia sebelum merdeka pertama sekali adanya adat dan adat itu yang munculkan kalimat bahasa yang melarang jangan ini jangan itu, ini sudah ada dalam peraturan adat,” ungkapnya.

Ia menambahkan Indonesia harus memiliki “tiga tugu” yang saling berikatan yaitu Adat, Agama, dan Pemerintah yang harus saling berhubungan sehingga masalah dalam Adat dapat mudah diselesaikan.

“Indonesia ini harus memiliki tegakan tiga tugu yakni Adat, Agama, dan Pemerintah, Adat dan Agama ini dijadikan mitra pemerintah maka masalah adat dapat dibereskan oleh pihak orang adat dan pemerintah tinggal masuk maka Indonesia ini akan jadi aman dari isu-isu agama yang saat ini sedang berkembang,” tambahnya. (art/bpn/tim)

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar...