Senin, Juni 24, 2024
BerandaBerita DuniaAgni Gotra dan Aarthi Warnai Even Indonesia India Sanggam

Agni Gotra dan Aarthi Warnai Even Indonesia India Sanggam

Internasional, balipuspanews.com – Kegiatan Indonesia India Sanggam memiliki banyak nilai positif, salah satunya dengan digelarnya perhelatan Agni Gotra dan Aarthi di Sungai Gangga, yang diikuti masyarakat dari berbagai dunia.

“Bisa mengikuti ritual Agni Gotra dan Aarthi di Sungai Gangga, merupakan sebuah pengalaman spiritual yg sulit diungkapkan dengan kata-kata. Sangat indah, nyaman, penuh suka cita dan penuh kepasrahan,” ujar Pendiri Puri Ashram Gandhi Indra Udayana yang saat ini tengah berada di India.

Menurut dia, mengikuti ritual ini, seperti memberikan seluruh hidup kepada sang Kemilik Kehidupan, pembelajaran pada diri akan keagungan yang terlahir dari karma.

Lelaki yang menjadi Inisiator Indonesia India Sanggam ini menyatakan, even ini sekaligus untuk memperkenalkan keindahan pariwisata Indonesia secara elegan dengan kemasan seni yang indah. Mengenalkan budaya dan keindahan Bali dari sisi berbeda.

“Saya senang bergabung menjadi bagian dari tim yang kompak untuk mengenalkan Indonesia dan Bali Island of God, serta Wonderful Indonesia menjadi nilai keindahan dan mahakarya alam Indonesia yang kita tawarkan untuk masyarakat India. Sebagai praktisi yoga, saya juga sangat senang karena dapat terlibat di International Yoga Festival di tepi Sungai Gangga yg suci dan indah. Maka sebagai Duta Assosiasi Yoga Indonesia, saya akan mengenalkan Indonesia adalah tempat yang luar biasa untuk kebeningan nurani .

BACA :  Deputi Warsito: Menko PMK dijadwalkan Lakukan Groundbreaking Pembangunan Masjid Indonesia di Vietnam

Menurut dia, apa yang mendasari mau mengikuti Indonesia India Sanggam adalah memberikan wawasan dan juga pengenenalan kepada diri, juga kepada Ibu Pertiwi dan seluruh dunia mengenai indonesia dan apa yg telah di perbuat oleh Indonesia kepada dunia. Dan di samping itu, ingin menjalankan ‘my spiritual journey’ yg selama ini belum terlaksana.

Dikatakan Indra, kegiatan ini makin menjadikan Indonesia India Sanggam bukan hanya sekedar pertemuan, tapi bagaimana ke depan bisa menginisiasi perjalanan rohani pada aplikasi kemanusiaan dan perdamaian. Lewat seni dan dialog, akan lahir bibit manusia-manusia yang luar biasa untuk membangun alam menuju kedamaian.

“Sejak tahun 2002 secara intens setiap tahun, kami ingin menjadikan misi Indonesia India Sanggam ini adalah Melali Metimpal Melajah Meyadnya. Jadi secara holistik perjalanan ini adalah perlahan untuk mengolah jiwa dan kreatifitas yang bisa dikembangkan terus.
Seniman yang diajak juga yang punya ketulusan hati dan bergerak bersama dalam pelayanan untuk mengenalkan kepribadian Nusantara,” ucap Indra.

Dia melanjutkan, promosi pariwisata Indonesia di India dalam ajang festival yoga taraf internasional dinilai strategis mengingat potensi sejumlah destinasi di Tanah Air sebagai destanasi yoga. Selain faktor potensi India, sebagai negara fokus pasar yang belum tergarap secara optimal.

BACA :  Deputi Warsito: Menko PMK dijadwalkan Lakukan Groundbreaking Pembangunan Masjid Indonesia di Vietnam

Guru besar Universitas Udayana I Gde Pitana mengatakan, sampai saat ini India menjadi pasar pendukung untuk pariwisata Indonesia karena jumlah kunjungannya yang cukup tinggi, yakni peringkat ke-7 dan semakin berkembang.

“Beberapa faktor yang menarik minat wisatawan asal India untuk berkunjung ke Indonesia adalah ketertarikan wisman asal India terhadap budaya yang cenderung memiliki kesamaan dan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia,” kata Pitana.

Selain itu, beberapa waktu yang lalu juga telah dibuka penerbangan langsung Mumbai – Jakarta yang diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal India ke Indonesia.

Pitana mengatakan, Indonesia juga memiliki segudang destinasi yang dapat ditawarkan kepada publik di India.

Oleh marena itulah pihaknya menerapkan berbagai strategi promosi untuk mendongkrak jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) asal India.

“Salah satu upaya Kementerian Pariwisata yaitu melaksanakan Promosi Wonderful Indonesia di India ini,” katanya.

Pada kesempatan ini, Pitana mengatakan akan menggelar Kegiatan Promosi Wonderful Indonesia di India dalam bentuk pengiriman delegasi untuk ajang festival yoga internasional, hingga menyediakan booth atau Paviliun Indonesia serta pemasangan dan penyebaran materi promosi Wonderful Indonesia dalam acara tersebut.

BACA :  Deputi Warsito: Menko PMK dijadwalkan Lakukan Groundbreaking Pembangunan Masjid Indonesia di Vietnam

Menurut dia, pihaknya akan memberikan dukungan kepada seniman yoga Indonesia yakni Ayu Laksmi dan Svara Semesta yang akan tampil pada International Yoga Festival di Rishikesh, India.

Selain itu, akan ikut pula Inisiator Indonesia India Sanggam BR Indra Udayana sebagai seniman sekaligus duta perdamaian, dan Anjasmara yang datang sebagai Duta Assosiasi Yoga Indonesia dan aktor yg menjadi tamu kehormatan pada Art and Film Festival Rshikesh.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular