Made Dauh Wijana salah satu tokoh politik Bali melakukan hak pilihnya dalam Pilkel Tegallalang
Made Dauh Wijana salah satu tokoh politik Bali melakukan hak pilihnya dalam Pilkel Tegallalang

GIANYAR, balipuspanews.com- Pemilihan perbekel desa Tegallalang Gianyar, Minggu (19/1/2020) berlangsung tanpa perlawanan. Calon Prebekel AA Gede Raka Ardana menang telak atas rivalnya I Wayan Arta Wijaya.

Ardana yang sempat menjabat Kades Tegallalang sebelum periode Dewa Kadek Sutrisna itu menang signifikan hampir di semua tempat pemunggutan suara (TPS).

Dari total 15 tps yang ada, Ardana mendapatkan 6689 suara. Sedangkan rivalnya Wayan Arta Wijaya hanya mendapatkan 163 suara. Menariknya dibeberapa banjar Ardana menang 100 persen seperti dj banjar Gagah, banjar Tengah, banjar Gentong dan banjar Sapat.

Terpilihnya Raka Ardana sudah diprediksi jauh – jauh hari sebelum Pilkel digelar. Pasalnya, hampir semua banjar mengusulkan mantan ketua komite SMA Negeri 1 Tegallalamg itu come back menjadi orang nomor satu di desa Tegallalang.

Kedekatan Raka Ardana dengan berbagai pemegang kebijakan di Gianyar dan provinsi Bali adalah salah satu alasan warga mendukung tokoh asal Puri Tegallalang itu. Kelebihan itu diyakini memudahkan menjembati kepentingan warga dengan pemegang kebijakan dalam berbagai hal terutama mempermudah mendapatkan bantuan. Selain itu, kerabat dekat mantan bupati Gianyar AA Gede Agung Bharata itu dikenal merakyat dan royal.

“ Warga Tegallalang sangat antusias menyambut Pilkel. Semuanya sudah berjalan sesuai tahapan aturan yang disepakati,” kata Made Suyastra salah satu tokoh banjar Pejengaji yang juga panitia pemunggutan suara Pilkel.

Raka Ardana nantinya menjadi perbekel Tegallalang periode 2020 – 2026. Raka Ardana akan dilantik bersama calon Perbekel terpilih lainnya yang digelar secara serentak Minggu (19/1/2020).(bas/tim/bpn)