Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBangliAgung : Wajib Miliki JKN-KIS untuk Proteksi Sakit yang Tak Pernah Terduga

Agung : Wajib Miliki JKN-KIS untuk Proteksi Sakit yang Tak Pernah Terduga

BANGLI, balipuspanews.com– Memiliki keyakinan akan kesehatan memang sah-sah saja bagi setiap orang, namun mempersiapkan diri dari kemungkinan sakit yang akan dihadapi juga harus menjadi sesuatu yang wajib.

Hal tersebut menjadi sebuah gambaran tentang apa yang dialami oleh Anak Agung Rai Agung,63,. Meski merasa sehat-sehat saja dan tidak ingin berurusan dengan pihak medis, namun akhirnya ia harus merasakan menjalani rawat inap di rumah sakit karena menderita pembengkakan pada ginjalnya.

Agung memang sebelumnya menderita hipertensi dan tiroid, namun dirinya enggan menjalani pengobatan secara rawat inap. Dirinya hanya menjalani rawat jalan dengan obat rutin setiap bulannya.

Berstatus sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Agung selalu mengandalkan jaminan dari JKN-KIS setiap mengakses layanan kesehatan.

Pada akhir tahun 2020, ia mengalami gejala sakit ginjal yang membuatnya menyerah dan mengiyakan ketika diajak berobat oleh keluarganya ke salah satu rumah sakit swasta di Bangli.

Berbekal JKN-KIS, ginjal Agung dipasangi selang dan menjalani rawat inap selama 2 hari. Sontak saja hal tersebut menurutnya begitu ironis.

BACA :  OJK Bali Gencarkan Program Kredit untuk Pertanian

“Sakit memang tidak bisa ditebak, tidak cukup hanya dengan keteguhan hati bahwa kita sehat, nyatanya saya juga harus menjalani pengobatan yang menyakitkan, tetapi bersyukur semuanya lancar dan keseluruhan biaya dijamin JKN-KIS,” ungkap ibu yang berasal dari Bangli ini.

Bukan hanya ketakutan soal proses pengobatan saja, namun ia juga memikirkan biaya kesehatan yang begitu mahal, namun ia kemudian menyadari bahwa JKN-KIS menanggung segala macam biaya pengobatan yang memang sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Hal tersebut juga membuatnya tidak pernah lupa akan JKN-KIS yang ia bawa setiap saat.

“Saya selalu sedia kartu JKN-KIS karena setiap bulan saya harus mengambil obat hipertensi dan tiroid dan setiap 2 bulan saya harus kontrol ginjal serta mengonsumsi obat, jadi saya sangat bergantung pada JKN-KIS,” lanjut Agung

Agung bahkan mengatakan bahwa JKN-KIS ini merupakan pahlawan baginya dan keluarga. Selama menggunakannya, ia tidak pernah mengeluarkan biaya sepeserpun dan tidak pernah terkendala dalam urusan pelayanan.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

BACA :  Jelang PPDB, Disdikpora Klungkung Akan Perketat Jalur Zonasi Tidak Utamakan Calistung
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular