Pantai Lebih Gianyar
Pantai Lebih Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Air pasang yang menggenangi area parkir di Pantai Lebih sudah dianggap biasa oleh masyarakat, khususnya para pedagang sekitar. Pasalnya, setiap tahun tepatnya pada sasih Sadha biasanya air laut Pantai Lebih selalu pasang. Tidak heran, masyarakat sekitar sudah terbiasa menghadapi pasangnya air laut ini.

Salah satu masyarakat Lebih yang juga pedagang di area Pantai Lebih, Made Agus mengatakan bahwa memang setiap sasih sadha disetiap tahunnya air laut di Pantai Lebih pasang.

“ Sudah musiman nike, kami sudah terbiasa,” ujarnya, Jumat (29/5/2020) pagi.

Untuk tahun ini, air pasang di Pantai Lebih sudah terjadi sejak, Rabu (27/5/2020) dan diprediksi akan selesai hari ini, Jumat (29/5/2020).

“ Kalau tahun-tahun lalu, air pasang terjadi selama tiga hari. Tapi tidak tau juga sekarang, karena musim,” katanya.

Dikatakan oleh Agus bahwa biasanya air pasang terjadi setelah jam 11 atau jam 12 siang.

“ Kalau paginya biasa tidak naik air lautnya. Tapi siangnya sampai sore baru naik bahkan sampai ke jalan Bypass di sebelah utara,” ucapnya sembari menunjuk jalanan Bypass Ida Bagus Mantra.

Pada sorenya, dilanjutkan oleh Agus bahwa air laut yang naik akan berangsur surut.

“ Itu terjadi setiap hari, sampai tiga hari biasanya,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Gianyar, Ngakan Dharma Jati menghimbau bagi masyarakar agar tidak beraktifitas di area pantai.

“ Karena gelombang tinggi, ombak tinggi maka masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas sementara waktu di area pantai karena memang cukup berbahaya,” pungkasnya.

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka Suryawan

(ctr/bpn/tim).

Keterangan Foto : Suasana area Pantai Lebih Gianyar ketika air laut belum menggenangi area parkir, Jumat (29/5/2020) pagi.