Air yang sangat jernih bersumber dari tukad Arca
Air yang sangat jernih bersumber dari tukad Arca
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Diwilayah Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, tepatnya di Banjar Muku terdapat sebuah saluran irigasi yang berukuran cukup luas menyerupai kolam renang dengan air yang sangat jernih bersumber dari tukad Arca.

Lokasinya persis berada dibelakang SMA Negeri 1 Rendang, warga setempat menyebut tempat ini dengan nama Permandian Dauh Dalem, mungkin karena lokasinya berada disebelah barat Pura Dalem, hanya saja diluar Kecamatan Rendang permandian ini justru banyak dikenal dengan sebutan Debit.

Permandian Dauh Dalem ini memiliki lebar sekitar 10 dan panjang 40 meteran dengan kedalaman air sekitar 1,5 meter. Airnya sangat dingin dan jernih, ditambah lokasi permandian yang berada dikawasan yang masih benar – benar asri menyatu dengan alam sehingga menjadikan tempat ini salah satu tempat sempurna untuk melepas penat setelah berkutat dalam rutinitas sehari – hari.

Oleh sebab itu, tidaklah heran jika Permandian Dauh Dalem ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada saat hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung yang datang tidak hanya warga lokal atau warga Karangasem saja, banyak juga pengunjung dari wilayah Denpasar yang datang ke Permandian Dauh Dalem ini.

Menurut Kepala Wilayah Dusun Muku, Desa Rendang, Karangasem, I Made Sudiarta, kebanyakan pengunjung yang datang ke Permandian Dauh Dalem ini dari luar Karangasem, kebanyakan dari yang datang tau keberadaan Permandian tersebut dari mukut kemukut dan media sosial.

“Beberapa waktu lalu, ada rombongan anak muda ngaku dari Denpasar bertanya didepan rumah jalan menuju permandian ini, mereka ngakunya tau dari media sosial,” tutur Sudiarta kepada media ini beberapa waktu lalu.

Bagi yang ingin datang kepermandian ini, dianjurkan agar memilih waktu yang tepat seperti misalnya ketika cuaca cerah karena suhu airnya cukup dingin.

Serta menyiapkan bekal seperti makanan atau cemilan karena dari lokasi Permandian tidak ada warung atau pedagang. Hanya saja tetap diingat untuk membawa kembali sampah demi terjaganya keasrian Permandian Dauh Dalem ini. (suar/bpn/tim)