Jumat, Maret 29, 2024
BerandaTabananAjak Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai, Wabup Dr. Sanjaya Tebar 5.000 Ikan di...

Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai, Wabup Dr. Sanjaya Tebar 5.000 Ikan di Subak Empas Buahan

TABANAN, balipuspanews.com – Sesuai dengan konsep Tri Hita Karana, salah satu hal keharmonisan yang harus dijaga adalah dengan pelemahan atau lingkungan. Salah satunya dengan menjaga kelestarian sumber air, seperti misalnya sungai.

“Sangat penting kita melestarikan lingkungan khususnya sungai untuk keharmonisan hidup,” ungkap Wakil Bupati sekaligus Ketua DPC PDIP Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat melalukan penebaran ikan di Subak Empas, Desa Buahan, Tabanan, Kamis (11/6). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan bulan Bung Karno tahun 2020.

Dr. Sanjaya mengatakan, selain sebagai salah satu rangkaian memeriahkan bulan Bung Karno, tebar ikan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk bersatu menjaga kelestarian alam, khususnya sungai.

Menurutnya sungai wajib dilestarikan karena juga bisa dijadikan sarana hiburan. Terutama sarana hiburan bagi masyarakat yang suka memancing.

“Terlebih lagi saat mewabahnya covid-19 seperti sekarang ini, memancing menjadi salah satu alternatif hiburan ditengah diberlakukannya jaga jarak serta banyaknya pekerja dirumahkan,” sebutnya.

Lebih jauh Dr. Sanjaya mengatakan, bahwa kegiatan tebar benih ikan ini menjadi salah satu obat rindu untuk bertemu masyarakat. Setelah kurang lebih tiga bulan dirinya jarang terjun ke masyarakat akibat dampak covid-19.

“Saya sengaja untuk bisa hadir disini karena saya sangat rindu bisa bertemu masyarakat,” ujarnya.

Dr. Sanjaya juga mengingatkan krama subak setempat untuk mematuhi peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Seperti selalu jaga jarak, sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan sebagainya.

Dalam acara tersebut, Dr. Sanjaya menabur benih ikan nila sebanyak 5.000 ekor. Selain itu ia juga menyerahkan punia sebesar Rp. 10 juta kepada panitia pemelaspasan Pura Ulun Suwi Subak Empas.

Turut mendampingi Dr Sanjaya, Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana, S.Pd., anggota Fraksi PDIP I Wayan Lara dan I Wayan Eddy Nugraha Giri. Selain itu hadir pula Pekaseh Subak Empas, Perbekel dan Bendesa Adat Buahan dan berbagai unsur lainnya.

Penulis/Editor : Ngurah/Putu Artayasa

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular