Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Hizbullah
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Kuta, balipuspanews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengumumkan hasil pemeriksaan sejumah Bank yang mengucurkan dana kredit ke nasabah yang menjadi korban koperasi bodong.

“Masih terus dilakukan pemeriksaan, dan sudah pasti kalau ada oknum yang salah kita akan kenakan sangsi, dipastikan sampai akhir  Desember akan ada hasil pemeriksaannya,”kata  Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Hizbullah usai acara Evaluasi Kinerja BPR 2018 di Hotel Trans, Kuta, Selasa (4/12).

Saat ini, kalau urusan nasabah masih ngutang karena itu masalah perdata semestinya mesti diselesaikan antara peminjam kredit dengan bank yang bersangkutan.

Kalau tidak bayar sudah barang tentu, bank akan mengambil tindakan.

Tetapi sampai saat ini, OJK  sudah menyarankan kepada bank penyalur kredit yang menjadi korban penipuan agar memberikan perpanjangan bagi yang belum membayar.

Begitu juga soal jaminannya tidak serta merta disita, ada perpanjangan asalkan para  nasabah juga mesti baik baik dalam menyelesaikan masalah.

“Selama ini   BPR mengeluh juga,karena ada nasabah yang memberikan dokumen usaha palsu, dan BPR merasa kecolongan, ya sebaiknya para nasabah baik baik juga kalau dipanggil datang, karena uang yang disalurkan oleh BPR itu juga uang rakyat jadi harus dipertanggungjawabkan juga kepada nasabah yang lain,” jelasnya.

Ketua DPD Perbarindo BaliI Ketut Wiratjana menanggapi masalah ini tetap meminta kepada pihak BPR agar hati hati menyalurkan kredit sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kalau masalah yang kemarin soal pemberian kredit kepada nasabah yang kena tipu oleh koperasi bodong saya rasa sudah dalam batas kewajaran dalam menyalurkan kreditnya,” jelasnya.

Sebelumnya ada kasus koperasi bodong. Yang merugikan uang masyarakat sampai Rp 150 miliar. KSP Maha Suci, KSP Maha Mulia Mandiri, KSP Tirta Rahayu, KSP Sinar Suci, KSP Pramesti Dewi, KSP Maha Agung, KSP Restu Sedana, KSP Maha Kasih, KSP Maha Wisesa, KSP Maha Adil Mandiri, KSP Siti Restu, KSP Merta Sedana. (art/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...