Akhir Februari, BPBD Catat 48 Titik Longsor dan Pohon Tumbang di Karangasem

Pohon kelapa tumbang menimpa bangunan di Karangasem
Pohon kelapa tumbang menimpa bangunan di Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dipengujung bulan Februari tahun 2021, cuaca ekstrim terjang sebagian besar wilayah Kabupaten Karangasem yang menyebabkan kerusakan hingga korban jiwa.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi menyebutkan, bencana akibat hujan dan angin kencang terjadi hampir diseluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Karangasem.

“Berdasarkan data yang kami himpun melalui Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Karangasem sampai dengan malam ini pukul 20.00 WITA, bahwa terjadi 48 titik lokasi kejadian/bencana,” terangnya melalui rilis yang dikeluarkan.

Untuk sementara, baru 19 titik lokasi kejadian bencana yang sudah bisa tertangani baik oleh Tim TRC BPBD Kabupaten Karangasem sendiri, maupun dibantu oleh anggota Koramil, Polsek, Pos SAR Karangasem, Tim PLN Karangasem, Camat dan Tim Kecamatan, Petugas Balai Jalan Nasional, Petugas PUPR Propinsi Bali, Petugas PUPR Kabupaten Karangasem, DLH Kabupaten Karangasem, Masyarakat, serta Relawan yang ada di Lokasi kejadian/bencana, sedangkan 29 titik lokasi bencana lainya penanganan akan dilanjutkan esok hari.

Berdasarkan data laporan dan hasil penanganan kejadian/bencana, angin kencang yang terjadi di Kabupaten Karangasem merupakan kejadian pohon tumbang yang merusakkan bangunan seperti rumah, dapur, dan beberapa fasilitas umum milik warga.

Selain itu, dampak kejadian/bencana tersebut juga menimbulkan korban jiwa sebanyak 2 orang dan 2 orang mengalami luka berat.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan