Akhir Tahun, Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tinjau Proyek

Bupati dan Wakil Bupati Bangli melakukan peninjauan terhadap penyelenggaraan kegiatan pembangunan di Kabupaten Bangli yang diawali dari Kecamata Bangli.

Bangli, balipuspanews.com – Untuk menjaga tercapainya tertib penyelenggaraan dan hasil pekerjaan baik fisik maupun non fisik tentang kegiatan pembangunan di Kabupaten Bangli Senin (4/12) tim inspeksi yang dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangli melakukan peninjauan terhadap penyelenggaraan kegiatan pembangunan di Kabupaten Bangli yang diawali dari Kecamata Bangli.

Dalam inspeksi tersebut tim berangkat dari Depan Rumah Jabatan Bupati Bangli bergerak menuju RSUD Bangli meninjau Proyek Belanja Modal Gedung dan bangunan, Pengadaan gedung Kantor dengan Nilai Kontrak Rp.3.410.000.000,00 dengan rekanan PT. Karya Dinamis Mesari, dilanjutkan dengan rahabilatasi Saluran Drainase Kota Bangli di Kecamatan Bangli dengan nilai Kontrak 7.641.747.000,00 dikerjakan oleh CV. Catur Harapan Utama, berikutnya peningkatan Jalan Kayubihi Kayang, jalan lingkar Pura Bukit Jati dan jalan Guliang Kangin di Kecamatan Bangli dengan nilai Kontrak Rp. 4.165.000.000,00 dikerjakan oleh PT. Wangun Jaya.

Lanjut peninjauan pembangunan dan renovasi pasar (Pembangunan Renovasi toko dan los di terminal lokacrana) dengan nilai kontrak Rp. 1.113.596.000,00 dikerjakan oleh CV.Dua Serangkai Jaya, Belanja Modal Pembangunan Pasar Loka srana di Kecamatan Bangli dengan nilai Kontrak Rp. 8.635.141.000,00 dikerjakan oleh PT. Pusuk indah Lestari, dilanjutkan dengan kunjungan Pembangunan gedung pertokoan /Koperasi pasar Kidul

Dengan nilai Kontrak 4.437.000.000,00 dikerjakan oleh PT. Duara Bali, Rombongan bergerak menuju SDN 2 Kawan Kecamatan Bangli dengan nilai Kontrak Rp.873.000.000,00 dikerjakan oleh CV Apti Hita, Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Sidembunut Kanan nilai Kontrak Rp. 439.703.000,00 dikerjakan oleh CV. Sinar Karya Permai diakhiri dengan istirahat di Halaman Parkir Pura Bukit Jati Bangli.

Kabag Pembangunan I Wayan Sugiarta selaku leading sektor melaporkan, inspeksi yang dilaksanakan hari ini adalah bertujuan untuk memantau dan menjaga tertib penyelenggaraan dan hasil pekerjaan baik berupa fisik dan non fisik tentang kegiatan penyelenggaranan pembangunan di Kabupaten Bangli, meliputi aspek perencanaan, manajemen pelaksanaan dan pengendalian pekerjaan.

Berikutnya untuk memberikan jaminan bahwa pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai dengan standar yang disepakati dalam kontrak kerja. Selanjutnya untuk mendeteksi adanya ketidak sesuaian antara kontrak kerja dengan pengambilan pekerjaan dilapangan. Melalui kegiatan ini semua steak holder yang tergabung dalam tim inspeksi agar bisa fokus sekaligus bersama pimpinan untuk melihat langsung kondisi dilapangan.

Dari hasil pengamatan pada umumnya sudah berjalan dengan baik meski ada beberapa kendala yang dihadapi, itu dikarenakan musibah irupsi Gunung Agung yang berdampak sangat luas dan itu juga terjadi di Seluruh Kabupaten yang ada di Bali. Baik itu bahan material kenaikan harga dan lain sebagainya.

Dari kejadian terebut juga sudah dilakukan langkah langkah seperti penambahan tenaga kerja, merubah pola kerja dengan sip malam dan sip siang tentunya dengan orang yang berbeda sehingga lebih cepat memenuhi target penyelesaian tanpa mengurangi kualitas.

Sementara Bupati Bangli I Made Gianyar beserta Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta yang didampingi oleh Sekda Kabupaten Bangli IB. Giri Putra selaku Ketua Tim Inspeksi, mengapresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan pebangunan yang sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kerja yang tertuang dalam kontrak.

Meski ada kendala yang tidak bisa kita prediksi hal itu sudah serarusnya menjadi perhitungan dalam perencanaan sebuah pembangunan sehingga apapu yang terjadi pembangunan yang sudah menjadi perencanaan kegiatan harus selesai sesuai dengan ketentuan yang ada sehingga tidak menemui kendala baik itu secara administrasi maupun secara fisik.

“Karena pertangungjawaban dari pekerjaan itu bukan hanya kepada Bupati dan Wakil bupati saja akan tetapi juga pada lembaga yang lebih berwenag diatasnya” kata Gianyar.

Lebih lanjut Bupati Bangli menyampaika untuk inspeksi pertama di Kecamatan Bangli ini berdasarkan paparan dari pihak pelaksana proyek dan pengawas secara umum sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan tidak ada kendala yang berarti akan tetapi itu tidak cukup, kita akan terus pantau karna jangan sampai Pihak lain yang menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Bangli ini, sehingga kita semua selalu menjalankan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Yang lebih penting lagi adalah apa yang sudah direncanakan di tahun 2017 ini semua terselesaikan tanpa ada cacat baik administrasi maupun fisik” Tambahnya.