Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBadungAlami Cidera Berat, Evakuasi Bule Kanada Butuh Waktu 1 Jam

Alami Cidera Berat, Evakuasi Bule Kanada Butuh Waktu 1 Jam

PECATU, balipuspanews.com – Evakuasi bule asal Kanada, SAH,35, yang jatuh dari atas Jembatan Mamo di Pantai Suluban, Pecatu, Kuta Selatan saat selfie berlangsung kurang lebih satu jam.

Menurut Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, bule Kanada itu terjatuh dari atas jembatan Mamo di Pantai Suluban, pada Sabtu (7/5/2022). Dalam evakuasi tersebut pihaknya menerjunkan 9 personil menuju lokasi penyelamatan.

Dijelaskannya, informasi jatuhnya bule Kanada itu diterima jajaran pada pukul 18.00 WITA atas laporan Kepala UPTD Penyelamatan Wisatawan Kuta Selatan, Wayan Somer.

Dari laporan, saksi Wayan Somer mencurigai ada orang terjatuh dari atas jembatan karena ada ditemukan sepeda motor terparkir di lokasi. Menindaklanjuti informasi tersebut, pihaknya mengerahkan personil ke TKP.

“Ketinggian jembatan sampai ke dasar tanah diperkirakan 50 meter. Sehingga melihat medan evakuasi, maka tim dilengkapi dengan peralatan mountaineering,” terangnya.

Diungkapkan Gede Darmada, proses evakuasi berlangsung hampir 1 jam lamanya. Saat personil diturunkan untuk mengecek kondisi korban, diketahui masih selamat, dan sesegera mungkin diturunkan tandu untuk mengangkat korban ke atas jembatan.

BACA :  Rayakan Lebaran di Kampung Halaman, Polresta Denpasar Gelar Mudik Gratis

“Proses evakuasi membutuhkan waktu cukup panjang, karena memperhitungkan kondisi korban yang jatuh dari jembatan,” ujarnya.

Dikatakannya lebih lanjut, proses pemindahan terhadap korban benar-benar memerlukan tindakan kehati-hatian dan kecermatan. Sebab korban dalam kondisi cedera berat.

“Tim SAR gabungan berhasil menolong korban dalam kondisi selamat,” tegas Darmada.

Setelah terevakuasi, korban diberikan pertolongan pertama dan selanjutnya dibawa menggunakan ambulance Banser Kabupaten Badung ke RS Bali Jimbaran.

“Korban mengalami luka-luka dan diagnosisi awal ia mengalami patah lengan kiri,” ungkapnya.

Selama berlangsungnya evakuasi, kata Darmada, melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Polsek Kuta Selatan, Balawista Kabupaten Badung Babinkamtibmas, Babinsa, dan Balawista Labuan Sait, serta masyarakat setempat.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular