14/08/2020, 11:14 AM
Beranda Pilkada Bali 2018 AMAN dan KBS-ACE Gairahkan Upacara Massal Atasi Kemiskinan

AMAN dan KBS-ACE Gairahkan Upacara Massal Atasi Kemiskinan

Gianyar, balipuspanews.com – Pasangan I Made Mahayastra dan Anak Agung Mayun (AMAN) nomor urut 2 mengairahkan upacara berbau massal agar masyarakat terbebas dari kemiskinan.

“Selama ini berdasarkan hasil kajian upacara mewah dan besar -besaran menjadi salah satu penyebab kemiskinan,AMAN dan KBS ACE jika menang akan menggairahkan upacara massal ” kata Calon Bupati Gianyar nomor urut 2, I Made Agus Mahayastra didampingi Anak Agung Mayun (AMAN) dalam kampanye tertutupnya di Banjar Tengah, Desa/Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar.

Penyederhanaan upacara ini bukan sekedar wacana, namun sudah masuk ke dalam program AMAN (Revitalisasi Desa Adat, red).

Dalam program ini, sejumlah kegiatan upacara agama berbau massal mulai Karya Agung, Ngaben Massal serta Metatah atau potong gigi massal.

Bahkan tak tanggung-taggung, AMAN jika terpilih menaikkan anggaran bantuan upacara agama Karya Agung dari Rp 150 Juta menjadi 250 Juta .

Sedangkan bantuan per sawe sebelumnya Rp 2 juta akan ditingkatkan menjadi Rp 4 Juta per sawe.

“Yang paling baru adalah metatah massal, masing -masing peserta mendapatkan bantuan dana Rp 2 Juta, ” kata Mahayastra.

Namun dana itu, jelas Mantan Ketua DPRD Gianyar ini tak serta merta cair, semua mesti dikondisikan melalui proposal sebelumnya.

“Siapapun dia walaupun dekat dengan Bupati tidak akan bisa mencairkan dana mendadak, misal dua hari sebelum acara mengajukan proposal biar cair ya enggak bisa,” jelasnya memberikan pemahanan.

Jelasnya, upacara massal ini pihaknya sangat mendukung agar upacara Agama Hindu tidak dicap mahal.

Disamping itu massal itu mengandung unsur kebersamaan.

Selain masalah upacara, pada saat kampanye itu juga disampaikan soal kesehatan gratis buat masyarakat Gianyar.
“Cukup menyediakan KTP dan KK sudah dapat pelayanan kesehatan gratis di kamar kelas III,” ujarnya.

Selain kesehatan juga pendidikan, yang paling menonjol soal pendidikan adalah peningkatkan dana BOS kepada Siswa SD dan SMP “Kalau AMAN Menang, Bupati Giriprasta akan menekan MoU untuk menyisihkan PAD nya ke Gianyar, nah dananya ini akan digelontorkan kepada siswa dalam bentuk dana BOS, untuk siswa SD Rp 2 Juta sedangkan SMP Rp 2,5 Juta,” jelasnya .

Selain itu juga disampaikan akan niatnya membangun pasar tradisional di Gianyar, hal ini sudah dilakukan tinggal dilanjutkan.

Sedangkan rencana paling menonjol yang akan dilakukan adalah pembangunan pasar Seni Sukawati, serta pasar Gianyar.

“Keberadaan pasar Seni Gianyar kalah dengan pasar oleh -oleh untuk itu sangatlah penting kalau pasar seni itu direnovasi, ” ujarnya.
Saat ini anggaran untuk perbaikan pasar Seni Sukawati sudah tinggal merealisasikan sebesar Rp 60 Milliar dengan dan pendamping Rp 15 Milliar dari APBD Gianyar.

“Astungkara mendapatkan kepercayaan masyarakat semua akan diselesaikan,” ujarnya diiringi tepuk tangan.

Sementara itu, pada kampanye pasangan AMAN dilakukan kampanye tertutup sekaligus kebulatan tekad di sejumlah tempat di balai Banjar Mulung, Banjar Uma Anyar dan Banjar Kawan di Kecamatan Gianyar.

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...