Kamis, Juni 20, 2024
BerandaGianyarAmankan Stok dan Stabilitas Harga Cabai, Distan Gianyar Kembali Gelar Gertam Cabai

Amankan Stok dan Stabilitas Harga Cabai, Distan Gianyar Kembali Gelar Gertam Cabai

GIANYAR, balipuspanews.com – Tingkatkan ketahanan pangan, stabilitas stok dan harga cabai di Kabupaten Gianyar, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Bali, serta instansi terkait menyelenggarakan kegiatan Gerakan Tanam Cabai di Subak Langge, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kamis (22/5/2024) pagi.

Kegiatan ini sekaligus  pengendalian inflasi komoditi strategis terutama cabai di Kabupaten Gianyar.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir. Anak Agung Putri Ari menjelaskan Gerakan Tanam Cabai dilakukan dalam rangka pengamanan stok cabai dan stabilitas harga. Gertam cabai di Subak Lange, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati dilakukan di lahan seluas 30 are.

“Pada musim tanam cabe tahun ini, luas keseluruhan subak yang menanam cabai di Kecamatan Sukawati sebesar 250,74 hektar yang tersebar di Desa Sukawati, Guwang dan Ketewel,” ujar Anak Agung Putri Ari.

Gerakan tanam cabai juga merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan varietas tanaman cabai yang unggul secara genetik dan lebih tahan terhadap penyakit serta memiliki hasil panen yang lebih tinggi. Dalam hal pengembangan varietas tanaman cabai unggul, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Bali dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

BACA :  Bupati Sanjaya Hadiri Peluncuran Tahapan, Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2024

Lanjutnya, diperkirakan luas lahan yang ditanami cabai sampai bulan Juni tahun 2024 nanti mencapai 270 hektar yang tersebar di 7 Kecamatan dan yang terluas berada di Kecamatan Sukawati.

“Dengan produktivitas rata-rata Kabupaten sebesar 6 ton/Ha maka jumlah produksi cabai di Kabupaten Gianyar diperkirakan mencapai 1.620 ton,” paparnya.

Selain itu, gerakan tanam cabai guna menyikapi fluktuasi harga cabai/cabe sering terjadi setiap tahun, maka gerakan ini merupakan salah satu solusi untuk membantu penyediaan stok cabai secara berkelanjutan.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular