Amankan Suara Massker, Parpol Pengusung Siapkan 5575 Saksi

Ket foto. BSN dan PK Golkar se kabupaten Karangasem sedang berkoordinasi menghadapi Pilkada Karangasem
Ket foto. BSN dan PK Golkar se kabupaten Karangasem sedang berkoordinasi menghadapi Pilkada Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com- Parpol pengusung dan pendukung pasangan IGA Mas Sumatri- Made Sukerana (Massker) mempersiapkan 5575 saksi untuk mengawal suara Massker dalam Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020 mendatang.

Menurut kepala Badan Saksi Nasional (BSN) Partai Golkar Karangasem Wayan Sekep Aryana kepada balipuspanews.com, Kamis (3/12/2020), di masing – masing TPS akan ditempatkan 5 saksi.

Saksi berasal dari gabungan 6 Parpol masing- masing Golkar, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PKS berjumlah 4460 orang. Selain itu, Golkar juga murni menugaskan saksi berlapis sebanyak 1115 untuk disebar ke semua TPS sehingga total berjumlah 5575 orang.

Untuk memaksimalkan peran saksi, BSN DPD Partai Golkar Karangasem mulai 30 November hingga 5 Desember menggelar berbagai program pelatihan untuk mengamankan suara pasangan Massker.

Sekep Aryana menyebutkan, kegiatan yang dihelat BSN antara lain, pertama, merumuskan langkah, cara, bimtek saksi- saksi dari tingkat kecamatan, desa dan TPS.

Kedua, mengatur dan mengelola managemen personalia saksi- saksi yang akan bertugas di TPS. Ketiga,
melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan tim bantuan hukum Pilkada Partai Golkar 2020 jika ada
sengketa, pelanggaran administrasi, dan tindak pidana dalam Pilkada.

Sekep menegaskan, semua elemen partai pengusung paket Massker dan relawan bahu membahu dalam proses akhir pemenangan.

“ Dengan diberikannya Bimtek atau santiaji dan Tot kepada lebih dari 5575 saksi yang akan bertugas disemua tingkatan baik itu Di TPS, kedesaan, kecamatan, kebupaten bisa maksimal suara Massker,” ujar Sekep.

Mantan anggota DPRD Karangasem ini menambahkan, secara garis besar tugas saksi di TPS sebelum pemungutan suara adalah mengecek pendistribusian model C, pemberitahuan kepada pemilih, mencatat pemilih konstituen partai sudah menerima model C pemberitahuan pemilih, mengawal pengembalian model C yg tidak terdistribusi ke pemilih oleh KPPS kepada PPS.

“ Tugas saksi pada pelaksanaan pemungutan suara adalah memastikan pemilih Dpt/ Dpph/ Dptb yang hadir di TPS menggunakan hak pilihnya mengisi daftar hadir di formulir daftar hadir,” tegas Sekep.

Tugas saksi pada saat penghitungan suara demikian Sekep adalah mempoto hasil penghitungan suara pada formulir C pleno, melaporkan hasil penghitungan suara kepada saksi tingkat desa / kecamatan.

“ Dengan kekuatan saksi- saksi yang jumlahnya lebih dari 5575, yang berasal dari gabungan partai politik serta relawan di seluruh TPS seluruh Karangasem, semoga pasangan yang di usung Partai Golkar bisa sukses dalam Pilkada 9 Desember 2020. Ini sesuai dengan tagline BSN Partai Golkar, jaga suara, jaga pemilih, jaga TPS, menangkan Pilkada 2020,” pungkas Sekep.

Penulis/Editor : Oka