Anak Agung Ketut Sumadi
Anak Agung Ketut Sumadi
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com-  Prihatin dengan kondisi Pura Agung Puncak Raung, Desa Bumiharjo, Glenmore, Banyuwangi, yang memerlukan pemugaran, pensiunan pengajar STP Bali, Anak Agung Ketut Sumadi menggelar penggalangan dana. Dana yang terkumpul digunakan memugar bangunan kori agung, padmasana, dan pembangunan sebuah palinggih panglurah.

“Awalnya tiang tirta yatra ke sana ngiringang Ida Rsi Agung Bhagawan Putra Adnyana. Di sana, kita temui kondisi padmasana dan kori agung yang telah lapuk dan perlu pemugaran,” tuturnya di Denpasar, Sabtu (10/8).

Ketika bertemu dengan pengempon pura yang berjumlah 13 kepala keluarga, pihaknya pun mendapat informasi bahwa pengempon mengalami kekurangan dana untuk melakukan pemugaran kori agung. Beranjak dari pengakuan tersebutlah, pihaknya berinisiatif berkontribusi.

“Pengempon di sana sebelumnya sudah melakukan pemugaran pada kori agung, namun mereka kekurangan dana. Ida Rsi Agung Darma Putra Adnyana dari Gria Agung Lanang Dawan, Padangsambian akhirnya sepakat membantu memugar kori agung. Karena kami melihat padmasana juga sudah rapuh, kita juga berniat mengganti padmasana dan satu palinggih panglurah,” kata pemangku ini.

Setelah dana terkumpul, palinggih dibuat di Bali dan dijadwalkan dikirim ke lokasi pura di Banyuwangi, Minggu (11/8). Ada niatan pralina padmasana, ditambah satu palinggih panglurah. Dibuat di Bali. Besok tgl 11 dikirim ke Jawa. Jadwal mlaspas direncanakan akan dilaksanakan pada 7 September 2019 akan diplaspas bertepatan dengan rahina Tumpek Klurut.

“Rencananya kami juga akan membangun palinggih pemujaan kepada Ida Mpu Markandeya berupa candi. Ide ini masih dalam proses rencana. Semoga dapat terwujud, bila ada umat yang berkenan mapunia bisa melalui panitia kami atau menghubungi Ida Rsi di griya,” pungkasnya. (bud/bpn/tim)