Wabah DB di Gilmanuk
Wabah DB di Gilmanuk
sewa motor matic murah dibali

JEMBRANA, balipuspanews.com – Wabah DB di Gilmanuk itu mulai muncul sejak sekitar seminggu di tiga lingkungan yakni di lingkungan Jineng Agung, Asri dan Asih, wabah ini sebagian besar warga yang terjangkit yakni anak-anak.

Awal kejadian terjadi korban mengalami panas tinggi dan setelah di bawa ke Puskesmas Gilimanuk, dari hasil pemeriksaan mereka didiagnosa terjangkit DBD karena trombosit darahnya menurun. Sampai Kamis (28/2) ada tiga orang pasien DBD yang kini menjalani rawat inap di Puskesmas Gilimanuk. Mereka yakni Ni Luh Putu Clarista,6, warga lingkungan Asri, Supeni Indah,37, warga Linglungan Asih dan I Putu Abisekha,6, warga lingkungan Jineng Agung. “Ketiga pasien yang didiagnosa DBD menjalani rawat imap antara satu sampai dua hari,. Ketiganya masih diobsevasi. Mudah-mudahan cepat bisa pulih,”ujar Kepala Puskesmas Gilimanuk, I Kade Riadi Wiranuaba.

Menurut Riadi, munculnya kasus DBD itu memang tidak diduga sebelumnya. Sebab, selama ini Puskesmas sudah rutin melakukan upaya pencegahan dengan melakukan PSN setiap hari Jumat. Selain itu dinas Kesehatan pemkab Jembrana juga sudah melakukan fogging diseluruh Gilimanuk.

“Upaya pencegahan sudah kita lakukan maksimal. Namun masih saja muncul kasus DBD,” ungkapnya. Meski demikian, untuk mencegah wabah DBD itu meluas, Jumat (1/3) hari ini kembali akan melakukan PSN bersama kelurahan Gilimanuk. Selain itu dinas Kesehatan juga akan melakukan Fogging yang difokuskan di tiga lingkungan asal warga yang terjangkit DBD itu.

“Dengan cara ini kita harapkan tidak adalagi warga yang terjangkit. Kita juga berharap masyarakat juga melakukan PSN dan upaya pencegahan lainya,” ujarnya. (nm/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...