Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKarangasemAnak Binaan LPKA Kelas II Karangasem Ngayah Mereresik di Pura Goa Lawah

Anak Binaan LPKA Kelas II Karangasem Ngayah Mereresik di Pura Goa Lawah

KARANGASEM, balipuspanews.com – Lapas Kelas II Karangasem konsisten menerapkan program Ngayah Ceria kepada anak binaannya. Kali ini, mereka diajak ngayah mereresik di Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, pada Selasa (14/11/2023).

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kelas II Karangasem, I Wayan Nova Puspa Adi mengatakan, program Ngayah Ceria ini merupakan salah satu program LPKA Kelas II Karangasem, dimana dalam pelaksanaannya melalui kegiatan membersihkan lingkungan tempat suci sekaligus juga sebagai ajang rekreasi bagi anak binaan.

“Kegiatan ini juga sebagai pemenuhan hak anak binaan dalam reintegrasi sosial yang bertujuan untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri anak binaan agar siap kembali ke lingkungan masyarakat setelah menjalani masa pembinaan di LPKA Kelas II Karangasem seperti diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan Pasal 12 Huruf, memuat sejumlah hak bagi anak binaan,” ujarnya.

Selain itu, melalui program “Ngayah Ceria” ini juga sekaligus untuk mengimplementasikan pelaksanaan Tri Hita Karana, khususnya Parahyangan yaitu meningkatkan hubungan harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta dengan persembahyangan sebelum kegiatan dimulai.

BACA :  Dua Maling Pasutri Spesialis di Minimarket, Hasil Kejahatan Dijual ke Surabaya

Kaitannya dengan Pawongan yaitu keharmonisan antara manusia dengan manusia tercermin dari tahap-tahap pembersihan yang dilaksanakan secara bergotong royong. Sedangkan dari sisi Palemahan, hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam diwujudkan dengan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular