Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBulelengAnggota PAW Tak Kunjung Ada, Tugas Bawaslu Buleleng Disebut Masih Berjalan Normal 

Anggota PAW Tak Kunjung Ada, Tugas Bawaslu Buleleng Disebut Masih Berjalan Normal 

BULELENG, balipuspanews.com – Pengganti Ni Wayan Sariani salah satu anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng yang secara resmi mengundurkan diri dengan alasan ingin merawat ibunda yang sedang sakit, sampai sekarang masih belum dipilih Bawaslu Republik Indonesia (RI). Meski demikian segala tugas sekaligus tanggungjawab dari Bawaslu Kabupaten Buleleng masih tetap berlangsung secara normal.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng, Kadek Carna Wirata, saat dikonfirmasi menegaskan sampai saat ini tugas dan pengawasan tahapan Pemilu 2024 masih berjalan normal. Bahkan semua tugas-tugas masih terlaksana dengan baik meski dikerjakan secara bersama-sama karena satu Komisioner Bawaslu Kabupaten Buleleng Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan beberapa waktu lalu secara resmi mengundurkan diri.

“Sampau sekarang semua masih berjalan seperti biasa tidak ada terganggu. Kalau untuk tugas masih diambil alih Komisioner lainya. Jadi beban tanggung jawab masih dibebankan ke kita. Tapi bagaimanapun harus ada yang membidangi, namun hingga saat ini masih bisa dilakukan” ungkap Carna, Senin (9/10/2023).

Kemudian soal pengganti Sariani, pihaknya menyebutkan jika sampai sekarang masih belum mengetahui pasti kapan akan ada penggantinya. Meski begitu dirinya mengaku selalu melaksanakan koordinasi dengan Bawaslu Bali terkait Pengganti Antar Waktu (PAW).

BACA :  Sambut Idul Adha, Warga Kampung Kusamba Gelar Tradisi Mepatung

Pihaknya juga menyampaikan jika hasil klarifikasi dari Wayan Sariani telah diserahkan ke Bawaslu pusat, dan saat ini sedang menunggu keputusan berikutnya.

“Semua itu kewenangan Bawaslu pusat, kami juga tidak ada usulan untuk mempercepat proses penggantian komisioner. Namun tetap kami berharap PAW bisa segera, apalagi menjelang tahapan Pemilu yang mulai akan padat” sebutnya.

Disamping itu ditambahkan olehnya untuk memilih pengganti Komisioner yang mengundurkan diri, tidak akan ada proses seleksi lagi. Bahkan yang nanti mengganti Wayan Sariani, diketahui akan dipilih dari 10 terbaik yang mengikuti seleksi sebelumnya. Keseluruhannya kemudian akan dilakukan klarifikasi untuk memastikan salah satunya memenuhi syarat atau tidak.

Berita sebelumnya, Ni Wayan Sariani resmi mundur dari jabatannya pasca dilakukan proses klarifikasi langsung ke Bawaslu Provinsi Bali. Namun dirinya baru hadir pada pemanggilan ketiga dan sekaligus menyebut dengan tegas tegas alasan mundur lantaran ingin fokus merawat ibunya yang sedang sakit.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular