Angin Kencang Melanda Buleleng, Ada Empat Titik Terjadi Pohon Tumbang

Petugas BPBD Buleleng saat membersihkan material pohon tumbang di wilayah Kecamatan Sukasada
Petugas BPBD Buleleng saat membersihkan material pohon tumbang di wilayah Kecamatan Sukasada

BULELENG, balipuspanews.com – Bencana pohon tumbang melanda wilayah dua kecamatan yakni Sukasada dan Buleleng Sabtu (27/2/2021) Malam. Pasalnya hingga saat ini angin kencang melanda wilayah Kabupaten Buleleng, tak jarang juga disertai hujan deras mengguyur di beberapa titik.

Meski begitu bencana itu untungnya tidak memakan korban jiwa. Hingga Minggu siang terlihat para petugas dari BPBD dibantu warga membersihkan material pohon tumbang.

Dari hasil informasi yang didapat dari Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan bencana pohon tumbang terjadi di tiga titik wilayah Kecamatan Sukasada. Pohon tumbang pertama terjadi di Banjar Dinas Buana Sari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada.

Sebuah pohon perindang jalan tumbang menimpa seuah mobil Daihatsu Xenia bernopol DK 783 KE milik warga setempat bernama Ketut Arcana, hingga ringsek. Akibat kejadian itu, pemilik mobil mengalami kerugian materiil sekitar 20 juta.

Selain menimpa mobil, pohon tumbang tersebut juga menimpa satu kios non-permanen milik warga dengan kerugian sekitar Rp2 juta. Selain di wilayah Desa Wanagiri, pada waktu yang sama, dua pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Singaraja – Denpasar KM 16-17 di wilayah Desa Gitgit dan KM 22-23 di wilayah Desa Pancasari.

Pohon tumbang yang terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 WITA ini sempat membuat arus lalu lintas tersendat. Setelah memakan waktu sekitar 2 jam penangan, material pohon tumbang berhasil dievakuasi dengan gotong royong oleh petugas BPBD TNI-Polri dan warga setempat. Arus lalu lintas kembali lancar pukul 23.30 WITA.

Sementara itu, di Kecamatan Buleleng, musibah pohon tumbang terjadi di wilayah perumahan Griya Adi, Kelurahan Banyuning. Sebuah mobil yang sedang terparkir dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa batang pohon yang tumbang. Seluruh material pohon bahkan telah dibersihkan secara gotong royong.

“Sesuai pengecekan ke lapangan pohon tumbang dilaporkan terjadi di 4 titik. Tidak sampai mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka. Seluruhnya kategori ringan,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2021) sore.

Selanjutnya dalam penanganan pohon tumbang tim TRC-BPBD yang dikerahkan sekitar 15 orang. Seluruh tim menyebar untuk melakukan pembersihan material pada hari Minggu.

“Saat ini personel telah diterjunkan ke masing-masing titik, kami mengerahkan 3 hingga 5 personel untuk mengevakuasi material pohon tumbang,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan