Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJembranaAngkutan Penumpang Juga Menjadi Sasaran

Angkutan Penumpang Juga Menjadi Sasaran

NEGARA,balipuspanews.com- Pengamanan angkutan Natal dan tahun baru, bukan saja dilakukan disepanjang jalur yang dilintasi angkutan Natal dan tahun baru(Nataru).

Kendaraan angkutan penumpang termasuk pengemudinya juga menjadi sasaran pemeriksaan.Selasa (24/12) semua kendaraan angkutan penumpang baik local maupun antar pulau diperiksa oleh tim gabungan di Jembatan Timbang, Cekik, Lingkungan Penginuman, Gilimanuk.

Tim gabungan yang terdiri dari Sat Lantas dan sat Narkoba Polres Jembrana, Kementrian Perhubungan, Dinas Perhubungan, Kelautan dan perikanan Pemkab Jembrana, kesehatan Polda Bali dan Pemkab Jembrana.

Semua kendaraan angkutan mulai bus antar kota antar provinsi (AKAP) antar kota dalam provinsi (AKDP) dan travel serta angkutan pariwisata dan angkutan local diarahakn masuk ke Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik.

Kemudian polisi dan petugas perhubungan memeriksa kelengkapan kendaraan, seperti kondisi rem. Lampu-lampu sampai ke kelaksonya. Surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, KIR, izin angkuitan dan trayeknya. Dari pemeriksaan surat-surat itu cukup banyak ditemukan pelanggaran.

Yang terbanyak adalah pelanggarana trayek. Ada angkutan AKAP yang terayeknya dari Jakarta sampai Banyuwangi, tetapi mengangkut penumpang sampai ke Denpasar. AKAP yang tidak membawa izin trayek serta angkitan yang izinya untuk Pariwisata tetapi mengangkut penumpang umum serta KIR nya sudah tidak berlaku.

BACA :  Pasca Penangkapan 3 Ons Sabu, Blok WBP Digeledah

Kendaraan yang ditemukan melanggar langsung dituilang. Selain kelengkapan dan surat-surat kiendaraan, pengmudinya juga diperiksa kesehatanya. Mulai dari tensi, denyut jantung sampai ke tes narkoba dan alcohol. Sempat ada seorang sopir bus AKAP dicurigai mengkonsumsi Narkoba.

Namun setelah dikonfirmasi ternyata sopir tersebut habis mengkonsumsi obat karena sakit. Sampai pemeriksaan selesai dilakukan, ada 8 angkutan penumnpang yang melanggar dan ditilang.

Sedangkan kendaraan yang digunakan dinyatakan masih laik jalan pengemudinya juga semuanya dalam kondisi sehat untuk mengemudikan kendaraan.

“Pemeriksaan ini kami lakukan bersama-sama instani terkait untuk mengecek kendaraan angkutan penumpang yang nelayani angkita wisata atau angkutan umum selama Nataru seperti AKAP, AKDP, pariwsata dan travel benar-benar lengkap dan laik jalan. Ini demi keselamatan penumpang,” ujar Kanit patroli Satlantas Polres Jembrana Iptu Nyoman Yasa didampingi kepala UPPKB Cekik, I Ketut Iriana Waskita usai kegiatan.

Pemeriksan angkutan penumpang ini dilakukan juga untuk mentansipasi terjadinya kecelakaan lalulintas akibat kendaraan yang tidak laik jalan dipaksakan beroprasi atau karena kondisi sopir yang kurang sehat tetapi memaksanan diri mengemudi.

BACA :  Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2025 Dimulai

“Kita harapkan pengusaha angkutan agar selalu mengecek kondisi kendaraan yang dioprasikan. Begitupula sopir yang kondisinya kurang sehat agar jangan memaksakan diri mengemudi dan digantikan oleh sopir cadangan serta tetap tertib dijalan,” terangnya. (nm/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular