Angkutan Siswa Gratis di Klungkung Kembali Beroperasi

19
Para siswa di Klungkung kembali menikmati angkutan siswa gratis menuju sekolahnya

SEMARAPURA,balipuspanews.com– Angkutan siswa gratis Kabupaten Klungkung resmi beroperasi mulai Rabu (16/1/2019). Para siswa mengaku senang dengan kembalinya layanan angkutan ini. Mereka beralasan, dengan naik angkutan, siswa bisa berangkat bersama teman-teman dan mengurangi beban orang tua mengantar ke sekolah.

Situasi tersebut terlihat saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau langsung layanan perdana angkutan siswa gratis tahun 2019 dibeberapa titik kumpul siswa, Rabu (16/1) . Lokasi pertama yang dipantau Bupati adalah titik kumpul didepan Masjid Kampung Gelgel, Klungkung. Pukul 06.00 Wita Bupati sudah menyambangi lokasi ini. Sejumlah siswa MTs Hasanudin Klungkung terlihat bersiap untuk naik ke angkutan siswa gratis. Layanan Kampung Gelgel-MTs Hasanudin merupakan rute tambahan atau rute baru ditahun 2019 ini.

Lokasi berikutnya yang disambangi adalah titik kumpul di Desa Akah. Jalur ini bagian dari layanan armada rute Selat-Akah-SMPN 2 Semarapura. Bersama sejumlah siswa Bupati mencoba langsung layanan angkutan ini. Menurut Bupati, layanan angkutan siswa gratis sudah berjalan dengan baik. Para siswa bisa berangkat bersama-sama. Menurut Bupati, meski masih ada sejumlah siswa dibawah umur yang mengendari motor kesekolah, dengan adanya angkutan siswa diharapkan mereka bisa memanfaatkan layanan ini.

“ Nanti kita bersama forum lalu lintas akan melakukan tindakan bagi anak dibawah umur yang membawa motor kesekolah,” ujar Suwirta.

Selain itu, untuk kenyamanan siswa, Bupati berharap para pengemudi bisa menyediakan tempat sampah, selain telah terpasang stiker anti narkoba, seks bebas dan larangan merokok dimasing-masing armada.

“ Bagaimanapun hebatnya kita membuat sistem pasti ada kelemahan-kelemahannya,” sebutnya.

Kadishub Klungkung, Nyoman Sucitra mengatakan tahun ini jumlah armada sebanyak 95 armada, bertambah 10 armada dari tahun lalu yang hanya 85 armada. Tambahan tersebut melayani rute baru Kampung Gelgel, Kampung Kusamba, Kampung Lebah dan Kampung Jawa ke MTs Hasanudin Klungkung.

“ Untuk armada kita tahun ini sebanyak 95 armada dengan anggaran tahun 2019 sebesar Rp. 3,6 milyar,” ujar Sucitra.

Sementara itu salah satu siswa, Ni Putu Leoni mengaku senang layanan angkutan siswa gratis kembali beroperasi. Menurutnya siswi kelas IX SMPN 2 Semarapura ini, dengan naik angkutan bisa berangkat bersama teman-teman.

“ Selain bisa bersama teman-teman, dengan naik angkutan ini juga meringankan beban orang tua tidak lagi mengantar ke sekolah,” ujar siswi asal Desa Tegak ini.(Roni)

Loading...