Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG) yang baru dibuka sudah terkesan jorok

NEGARA,balipuspanews.com- Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG) yang baru dibuka sudah terkesan jorok. Pusat kuliner yang dibangun di  terminal Gilimanuk yang belum selesai digarap.

Karena rekanan yang mengarap molor mengerjakanya jorok karena limbah dari warung Kaman dan rumah tangga serta sampah yang berserakan.

Limbah dari warung makan tersebut meluber disisi selatan ABG tepatnya di got yang tersumbat. Selain membuat jorok pemandangan, limbah tersebut juga menimbulkan bau busuk menyengat hidung.

Luberan limah sisa makanan itu semalin banyak akibat bercampur air hujan. Karena aliranya tidak lancar akibat got yang tertimbun belum diperbaiki maka limbah bau itu terbendung dan meluber.

Beberapa pengunjung yang melewati areal  ABG  Kamis (2/1) terpaksa menutup hidung karena tidak kuat mencium bau dari limbah yang meluber itu.

“Harusnya pedagang-pedagang kuliner di Gilimanuk ini dibina agar membuat pengolahan limbah dan tidak membuang limbah sembarangan. Sehingga tidak bau. Kalau beguine jelas menganggu pengunnung yang ingin makan,” ujar Yumar seorang pengunjung.

Selain limbah, areal parker ABG yang barus selesai diaspal juga kotor oleh sampah berserakan. Sampah itu dibuang pengunjung karena tidak ada disediakan tong atau tenpat pembuangan sampah.

“Tidak disediakan tong sampah begitupula tidak ada yang merawat kamar mandi sehingga menjadi kotor. Semestinya tukang parker juga ikut menjaga kebersihan. Jangan hanya memungut parker saja,” tambah pengunjung lainya.

Menurut beberapa pengunjung Pemkab Jembrana harus konsisten jika ingin ABG menjadi pusat kuliner yang bisa meningkatkan perekobnomian masyarakat maupun pendapatan daerah.

Selain membangun fasiltas namun pemeliharahaan dan perawatan juga harus tetap dilakukan. Kadis LHKP Wayan Sudiarta dikonfirmasi Rabu sore mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap limbah dan sampah di areal ABG tersebut.

“kami akan cek lebih dahulu limbah itu. Nanti akan kami carikan solusinya,” ujarnya.

Sementara itu sebelumnya saat Wabup I Made Kembang Hartawan melakukan pengecekan saat proyek masih dikerjakan sudah meminta agar kebersihan areal ABG selalu dijaga.

Kembang juga mengintruksikan agar di buat beberapa septic tank uantuk menampung limbah dari warung-warung kuliner yang ada di areal ABG.(nm/bpn/tim)