Antiga Tolak Pembangunan Kilang Depo Manggis

Amlapura- (Balipuspanews) – Desa Antiga menolak keras pembangunan dua kilang tambahan stok Epliji di Depo Manggis, Kabupaten Karangasem. Penolakan tersebut mengemuka saat dilakukan sosialisasi rencana pembagunan kilang tersebut di Wantilan Kantor Bupati Karangasem kemarin.

“Kami sangat cemas terjadi kebakaran lagi seperti di tahun 2007, ” ujar I Made Simpen salah satu warga Antiga menyebutkan alasan menolak. Bahkan, menurut warga akibat kilang tersebut ada beberapa jenis spesises tumbuhan dan biota laut yang hilang atau punah.

Disisi lain, Desa Ulakan masih bisa menerima rencana pembagunan kilang tambahan tersebut. Bahkan mereka menyatakan setuju dengan rencana pembangunan kilang tersebut. Hanya saja mereka meminta standar keamanan harus ditingkatkan agar masyarakat aman dan nyaman.

“Tidak ada alasan kami menolak, hanya saja kami meminta agar standar keamanan dijaga,” ujar Perbekel Ulakan I Nengah Dipta. Sementara itu Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri yang hadir dalam sosialisasi tersebut meminta masyarakat bisa menerima rencana Pertamina. Ini mengingat pentingnya pembagunan kilang tambahan untuk menjaga ketersediaan Elpiji di Bali dan di Karangasem sendiri.

“Ya kami berharap masyarakat bisa mengendepankan kepentingan bersama yang lebih besar,” ujarnya.